Inilah 5 Presiden Diluar Negeri Berarah Indonesia, Kok Bisa Ini Faktanya.

Inilah 5 Presiden Diluar Negeri Berarah Indonesia, Kok Bisa Ini Faktanya.

Radar Seluma. Disway.id. Presiden Di luar Negeri berdarah keturunan Indonesia --

Radar Seluma. Disway.id -Presiden merupakan Kepala Negara di Suatu Negara yang berdaulat dan merupakan Panglima Komando tertinggi yang memiliki hak preogratif dalam memutuskan suatu keputusan dan kebijakan strategis.

Seorang Presiden tentu haruslah seseorang yang benar-benar merupakan warga Negara suatu Negara yang akan di pimpinnya, namun ada fakta menarik yang akan kita kupas di Radar Seluma. Disway.id kali ini yaitu seorang Presiden yang ternyata memiliki ikatan darah darah Indonesia, bagaimana bisa ayoo kita bedah dan kupas tuntas.

Setidak nya ada 5 Presiden Diluar Negeri yang berdarah Indonesia banyak penduduk Indonesia ternyata tidak hanya yang tinggal di Tanah Air saja, ada juga keturunan Indonesia yang kini tinggal di Negara lain. Bahkan beberapa keturunan Indonesia Negara tersebut mereka berhasil menduduki jabatan sebagai Presiden atau Perdana Menteri, dan ketika mereka berkunjung Kenegaraan ke Indonesia merasakan seperti pulang kampung sendiri.

Siapa saja mereka? Berikut 5 presiden di luar negeri yang miliki darah keturunan Indonesia.

Pertama: Peter M Christian

 

Yang pertama ada Peter M Chistian yang menduduki posisi jabatan sebagai Presiden Federasi Mikronesia pada masa jabatan 2015-2019. Federasi Mikronesia sendiri merupakan sebuah Negara kepulauan yang lokasinya berada di Samudra Pasific atau di bagian utara Indonesia.

Peter M Christian masih memiliki garis keturunan dari Negara kita Republik Indonesia dari sang kakek yang berasal dari Kabupaten Maluku Tengah. Peter M Christian pernah datang ke Indonesia pada 2018 lalu ketika sudah menjadi Presiden Federasi Mikronesia.

BACA JUGA:Sosialisasi Larangan Penyembelihan Ruminansia Betina Produktif dan Bahaya Penyakit Hewan Ternak Zoonosis

Kedua: Justin Trudeau

 

Justin Trudeau merupakan seorang  Perdana Menteri Kanada yang ke 23 yang ternyata memiliki garis keturunan dari Negara Republik Indonesia. Justin Pierre James Trudeau merupakan anak dari Pierre Elliott Trudeau dan Margaret Sinclair.

Justin Trudeau memiliki darah Indonesia berasal dari nenek buyut dari sang Ibunda tercinta yakni Cornelia Louisa Indvelt yang lahir pada 1808, jauh sebelum Indonesia merdeka. Cornelia sendiri merupakan anak dari pria Belanda yang beristrikan wanita dari kepulauan Nias Sumatera Utara.

Ketiga: Yusof Ishak

Yusof Ishak merupakan Presiden pertama Negara Singapura yang merupakan Negara tetangga kita Republik Indonesia yang mana Negara Singapura sebelum merdeka merupakan wilayah Federasi Malaysia dan berubah menjadi Negara Republik setelah menyatakan kemerdekaan pada 9 Agustus 1965.

Yusuf Ishak memiliki nama lengkap Encik Yusof bin Ishak, ternyata mantan Presiden pertama Republik Singapura ini ternyata berdarah Indonesia yang diturunkan dari kedua orang tuanya. Ishak, sang ayah merupakan pria asal Minangkabau Sumatera Barat yang merantau ke Malaysia. Sedangkan sang ibunda tercinta berasal dari Sumatera juga yaitu Sumatra Utara.

Meski kedua orang tuanya asli Indonesia, namun Yusof Ishak lahir di Perak, Malaysia, setelah lepas dari Malaysia menjadi Negara Republik Singapura Yusuf Ishak menjadi Presiden pertama Singapura adapun Yusuf Ishak lahir di Perak Malaysia pada 12 Agustus 1910.

BACA JUGA:Vinmec Rekonstruksi Dinding Dada Titanium Cetak 3D, Pertama di Asia Tenggara! Alternatif Baru Perawatan Jantun

Keempat: Najib Razak

Perdana Menteri Malaysia ini ternyata masih ada keturunan berdarah Indonesia. Ia adalah Najib Razak yang menjabat sebagai Perdana Menteri keenam sejak 2009 hingga 2018. Najib Razak memiliki darah keturunan Indonesia dari sang ayah yang berasal dari Makassar, sedangkan ibunya dari Bima, Nusa Tenggara Barat Indonesia hal itu wajar sebab Malaysia dan Indonesia merupakan sama-sama Bangsa Melayu dan bertetangga.

Najib Razak juga merupakan keturunan dari Raja Gowa kesembilan belas yang leluhurnya membuka perkampungan di tanah Malaysia bernama Kampung Mengkasar.

BACA JUGA:Dokter Dani Ferdian, Pelopor Relawan Kesehatan Kian Memberi Inspirasi Anak-Anak Muda

Kelima: Barack Obama

Yang terakhir yaitu mantan Presiden Amerika Serikat yang memimpin Negara Adidaya Amerika Serikat selama dua periode ini memang tidak memiliki darah keturunan Indonesia, namun mantan Presiden Barack Obama pernah menghabiskan masa kecilnya di Tanah Air dan bahkan pernah bersekolah dan mengenyam pendidikan di Indonesia

Barack Obama diketahui tinggal di Indonesia sejak 1967 hingga tahun 1971. Saat itu ibunya menikah lagi dengan Lolo Sutoro, seorang pria asal Bandung keturunan Jawa yang merupakan ayah tiri dari Barach Obama 

Meski tidak berdarah Indonesia, namun budaya dan kuliner khas Indonesia cukup melekat dengan Barack Obama, seperti bahan Sate bakso yang sering menjadi konsumsi Presiden Barack Obama ketika di Indonesia bahkan ketika ia berkunjung ke Indonesia saat menjadi Presiden tak lepas dari incaran nya makanan kesukaan Barach Obama. 

Itulah 5 Presiden di luar Negeri yang miliki darah keturunan Indonesia semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita. (djl) 

Sumber: