Anggaran DD Tahap I Dan II di 182 Desa Seluma, Telah Tuntas Disalurkan

 Anggaran DD Tahap I Dan II di 182 Desa  Seluma, Telah Tuntas Disalurkan

Kepala BKD Seluma, Sumiati.--

 

Sementara itu, dikatakan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Seluma, Nopetri Elmanto, MSi mengatakan, adapun desa terakhir yang mengajukan pencairan DD tahap II yakni Desa Kemang manis, Kecamatan Semidang Alas (SA).

 

Sebelumnya pemerintah desa (Pemdes) Kemang Manis satu satunya yang nyaris terlambat di dalam mengajukan anggaran program DD. Hal tersebut dikarenakan belum mampu merealisasikan Dana Desa Tahap I. Sesuai persyaratan yang harus diajukan. Yakni 60 persen.

Namun pada pekan lalu, persyaratan tersebut telah terpenuhi dan Dinas PMD telah memberikan rekomendasi.

 

"Sebelumnya Pemdes Kemang Manis memang yang paling terakhir mengajukan. Karena realisasi pembangunannya di DD Tahap I belum 60 persen," sampainya.

 

Bahkan, sebelumnya Pemkab Seluma pada pertengah Juni yang lalu sudah menyalurkan seluruh Dana Desa tahap I dengan anggaran berkisar Rp 72 miliar. Jumlah tersebut merupakan 49 persen dari total anggaran DD yang harus disalurkan pada tahun 2024. Sedangkan sisanya disalurkan untuk tahap ke II.

 

BACA JUGA:BSI Raih Penghargaan Best Digital Bank, Dinilai Digital Banking BSI Optimal

BACA JUGA:Toyota Fortuner Selalu Menjadi SUV Handal yang Sangat Diminati di Pasar Otomotif Indonesia

Untuk diketahui, total Dana Desa yang dianggarkan untuk 182 desa di Kabupaten Seluma pada tahun 2024. Yakni sekitar Rp 146 Miliar dan ADD dianggarkan sekitar Rp 53 Miliar. Dimana masing-masing desa mendapatkan angka yang bervariasi. Jika dirata-ratakan mencapai Rp 800 juta, hingga Rp 1 miliar per desa. Namun dalam setahun akan dibagi menjadi 2 tahap pencairan.

 

Desa penerima DD terbesar tahun 2024 ini akan diterima Desa Sidoluhur, Kecamatan Sukaraja dengan anggaran sebesar Rp 1.096.894.000. Sedangkan desa terkecil penerima anggaran Dana Desa yakni, Muara Danau, Kecamatan Talo dengan total anggaran Rp 605.253.000.

Sumber: