Inilah 3 Mukjizat Nabi Ilyas AS Apa Saja..?? Yuk Simak...!!

Inilah 3 Mukjizat Nabi Ilyas AS Apa Saja..??  Yuk Simak...!!

Kajian Islam. Kisah Nabi Ilyas AS --

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id - Sebagaimana yang kita diketahui bahwa Mukjizat merupakan sebuah tanda atau keajaiban yang diberikan oleh Allah SWT kepada para Nabi dan Rasul sebagai bukti kebenaran ajaran mereka tentang keesaan Allah SWT, berikut ini Mukjizat yang Allah SWT berikan kepada Nabi Ilyas AS:
 
Pertama: Dapat mendatangkan musim kemarau dan hujan
 
Nabi Ilyas AS dapat mendatangkan musim kemarau maupun hujan. Allah SWT memberikan Mukjizat ini ketika Nabi Ilyas AS hendak menyadarkan kaum Bani Israil yang kafir dan durhaka.
Nabi Ilyas AS meminta kepada Allah SWT untuk menahan hujan selama 3 tahun. Bani Israil yang menyembah berhala Ba'al pun dilanda kekeringan. 
 
Bani Israil kebanyakan menyembah berhala Ba'al. Nabi Ilyas AS berkata bahwa mereka boleh mengadakan persembahan dan melakukan ritual kepada Ba'al untuk meminta hujan dan melihat apakah hujan akan turun atau tidak.
 
Namun selama 3 tahun, para penyembah berhala Ba'al melakukan beragam ritual dan memberikan persembahan untuk sang dewa agar hujan turun. Namun, itu tidak membuahkan hasil.
 
 
Melihat kaumnya masih menyembah berhala, Nabi Ilyas AS pun bertanya kepada mereka mengapa tidak bertaqwa kepada Allah SWT. niscaya Allah SWT akan menurunkan hujan namun sayangnya dakwah Nabi Ilyas AS kepada Bani Israil yang tersesat itu tidak memperdulikan akan tetapi justru mencemooh dan mengejek  Nabi Ilyas AS 
 
Kisah dakwah Nabi Ilyas AS ini pun Allah SWT abadikan dalam Al-Qur'an Surat As-Saffat ayat 123-132 yang mana berbunyi:
 
وَاِنَّ اِلۡيَاسَ لَمِنَ الۡمُرۡسَلِيۡنَؕ‏ ١٢٣ اِذۡ قَالَ لِقَوۡمِهٖۤ اَلَا تَتَّقُوۡنَ‏ ١٢٤ اَتَدۡعُوۡنَ بَعۡلًا وَّتَذَرُوۡنَ اَحۡسَنَ الۡخٰلِقِيۡنَۙ‏ ١٢٥ رَبَّكُمۡ وَرَبَّ اٰبَآٮِٕكُمُ الۡاَوَّلِيۡنَ‏ ١٢٦ فَكَذَّبُوۡهُ فَاِنَّهُمۡ لَمُحۡضَرُوۡنَۙ‏ ١٢٧
اِلَّا عِبَادَ اللّٰهِ الۡمُخۡلَصِيۡنَ‏ ١٢٨ وَتَرَكۡنَا عَلَيۡهِ فِى الۡاٰخِرِيۡنَۙ‏ ١٢٩ سَلٰمٌ عَلٰٓى اِلۡ يَاسِيۡنَ‏ ١٣٠ اِنَّا كَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَ‏ ١٣١ اِنَّهٗ مِنۡ عِبَادِنَا الۡمُؤۡمِنِيۡنَ‏ ١٣٢
Artinya: 
"Sesungguhnya Ilyas benar-benar termasuk para rasul. (Ingatlah) ketika dia berkata kepada kaumnya, “Mengapa kamu tidak bertakwa? Apakah kamu terus menyeru Ba‘l (Ba'al) dan meninggalkan sebaik-baik pencipta, Allah Tuhanmu dan Tuhan nenek moyangmu yang terdahulu?” Mereka kemudian mendustakannya (Ilyas)."
 
"Sesungguhnya mereka akan diseret (ke neraka), kecuali hamba-hamba Allah yang terpilih (karena keikhlasannya). Kami mengabadikan untuknya (pujian) pada orang-orang yang datang kemudian, “Salam sejahtera atas Ilyas dan kaumnya.” Sesungguhnya, demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat kebaikan. Sesungguhnya dia termasuk hamba-hamba Kami yang mukmin." (QS. As-Saffat: 123-132).
 
Nabi Ilyas AS kemudian berdoa agar hujan turun dan di saat itu pula Allah SWT mengabulkan doa utusannya tersebut. Hal ini disaksikan oleh para kaumnya. Ada yang terkejut dan langsung menyatakan keimanannya, ada pula yang membantah dan bahkan mengejar Nabi Ilyas AS untuk ditangkap karena disebut menyebarkan ajaran ilmu sihir yang sesat. Nabi Ilyas AS kemudian menjadi "buronan" para kaum penyembah berhala.
 
Dalam pelariannya, Nabi Ilyas AS bersembunyi di sebuah gua. Allah SWT tidak membuat utusannya kelaparan. Allah SWT pun mengirimkan burung untuk membawa makanan dan minuman bagi Nabi Ilyas AS di persembunyiannya.   
Ketika para penyembah berhala mengetahui tempat persembunyiannya serta ingin menangkap dan membunuh Nabi Ilyas AS Allah SWT mendatangkan azab berupa gempa bumi yang dahsyat yang membuat Bani Israil yang ingkar meninggal dunia.
 
 
Kedua: Rezeki makanan dari langit Yang Dikirim Allah Melalui Burung

Mukjizat lain dari Allah AS yang Allah berikan kepada Nabi Ilyas AS adalah selalu mendapat rezeki makanan dari langit. Kaum Bani Israil yang durhaka menyimpan dendam kepada Nabi Ilyas karena mendatang hujan ketika 3 tahun kaum Bani Israil meminta hujan namun tak kunjung ketika Nabi Ilyas berdoa hujan langsung turun sehingga banyak orang yang beriman kepada Allah namun pemuka agama penyembah berhala justru merasa dipermalukan dan mengatakan hal itu adalah sihir sehingga mereka dendam kepada Nabi Ilyas AS sehingga Nabi Ilyas AS lari ke sebuah Goa

Mereka pun mengejar Nabi Ilyas AS sehingga ia dan pengikutnya harus hidup berpindah-pindah, ketika hidup berpindah, Allah memberikan Mukjizat kepada nabi Ilyas AS berupa rezeki makanan dari langit yang dikirim oleh burung-burung atas perintah Allah SWT.

BACA JUGA:Kisah Islami, Jenazah Berubah Menjadi Babi Hutan Zaman Rasulullah SAW

Ketiga: Amal Nabi Ilyas AS ibadah dilipatgandakan Oleh Allah SWT 

Nabi Ilyas AS hidup di muka bumi ini sangat singkat di bandingkan dari Nabi-nabi lain bahkan kurang dari umur Nabi Muhammad Rasulullah SAW hanya 60 tahun dari masa 850 hingga 910 sebelum Masehi maka dari umur yang amat singkat tersebut Allah melipatgandakan amal ibadah Nabi Ilyas AS karena ia memiliki keterbatasan waktu dalam hidup yang berpindah-pindah, maka, setiap ibadah yang dikerjakan oleh Nabi Ilyas AS sudah mendapat amal yang dilipatgandakan oleh Allah SWT 

Demikian tiga Mukjizat Nabi Ilyas AS Semoga dapat menjadi teladan bagi kita semua dan menambahkan keimanan kita kepada Allah SWT sehingga kelak kita di kumpulkan kedalam Surga bersama orang-orang yang beriman dan beramal Sholeh Aamiin. (djl) 

 

Sumber: