4.7 Juta Data Pribadi PNS dan PPPK Di bobol Hacker

4.7 Juta Data Pribadi PNS dan PPPK Di bobol Hacker

Ilustrasi Hacker--

radarseluma.disway.id, NASIONAL - Kebocoran data kembali terjadi di Indonesia. Kali ini, data pribadi 4,7 juta Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dijual di forum hacker Breachforums senilai US$ 10 ribu atau sekitar Rp 160 juta.

 

 

Jutaan data Pegawai Negeri Sipil (PNS) diduga bocor dan dijual seharga US$10 juta atau sekitar Rp160 juta di BreachForums. 

 

 

Peretasan tersebut terjadi di situs laman Satu Data Aparatur Sipil Negara (ASN) atau satudataasn.bkn.go.id. Dugaan kebocoran data ini sempat diunggah oleh akun media sosial Twitter atau X pada Sabtu (10/8).

 

Tampak dalam unggahan, data BKN yang bocor mencakup informasi pribadi dari 4.759.218 pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) di seluruh provinsi. Dugaan data yang bocor yakni diantaranya nama, tempat lahir, tanggal lahir, gelar, tanggal CPNS, tanggal PNS, NIP, nomor SK CPNS, dan nomor SK PNS

 

 

Menurut Chairman CISSReC Dr. Pratama Persadha, hal itu diketahui setelah muncul postingan seorang peretas di Breachforums dengan nama anonim TopiAx.

BACA JUGA:Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Menjadi Ketua Umum Partai Golkar?

BACA JUGA:12 Game Korea Hits Terbaik Tahun Ini Rekomendasi Untuk Anda!

Sumber: