Kecamatan Manna Terpilih Sebagai Terbaik Dalam Lomba Seni Dendang BS

Kecamatan Manna Terpilih Sebagai Terbaik Dalam Lomba Seni Dendang BS

Kecamatan Manna terpilih sebagai yang terbai di seni dendang BS--

 

 

BENGKULU SELATAN, Radarseluma.Disway.Id,  - Pemerintah Daerah (Pemda) BENGKULU SELATAN (BS) menggelar lomba seni dendang dalam rangka memperingati HUT ke-79 Republik Indonesia (RI) di kabupaten BENGKULU SELATAN. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Kamis (8/8/2024) malam.

 

BACA JUGA:New Pajero Sport GLX 4x4 MT, Mesin 2.8 cc Desain Gagah Memiliki Fitur Sistem Canggih Populer di Dunia

BACA JUGA:Faktor Utama Tingginya Pernikahan Dini Di Seluma, Orang Tua Wajib Tahu!

 

Adapun kegiatan lomba tersebut diikuti oleh 5 (lima) kecamatan se Kabupaten Bengkulu Selatan dan dimana Kelompok kecamatan Manna didaulat menjadi yang terbaik dalam lomba seni dendang kabupaten Bengkulu Selatan Tahun 2024.

 

Bupati Bengkulu Selatan (BS), Gusnan Mulyadi,SE.MM menuturkan, bahwa seni dendang adalah kesenian rakyat yang berlatar belakang Islam dan merupakan bagian dari warisan budaya. Syair lagu yang dibawakan dalam seni dendang berbentuk pantun yang berisi nasihat-nasihat untuk selalu mengingat Allah dalam kehidupan. Seni dendang juga dapat terdiri dari beberapa tarian yang diiringi oleh musik tradisional dan talibun. 

 

"Kita mendukung pelestarian adat istiadat daerah. Salah satunya yang dilakukan melalui perlombaan seni dendang,"ucap Gusnan.

 

Seni dendang terdiri dari beberapa tarian yang diiringi dengan musik tradisional secara lengkap disertai talibun yang dilaksanakan pada malam bimbang gedang. Yang mana seni dendang terdiri dari beberapa tarian yaitu tari randai, tari pedang, tari mabuk, tari gendang, tari kecik, tari kain.

Sumber: