Lestarikan Budaya di Kabupaten Bengkulu Selatan, Dispar Gelar Festival Budaya Ayiak Manna

Lestarikan Budaya di Kabupaten Bengkulu Selatan, Dispar Gelar Festival Budaya Ayiak Manna

Kadispar BS--

 

BENGKULU SELATAN, Radarseluma.Disway.Id, - Dinas Parawisata (Dispar) BENGKULU SELATAN (BS) gelar festival budaya Ayiak Manna, rencananya dipusatkan di Pantai Pasar Bawah, Senin (22/7/2024) diisi berbagai kegiatan, diantaranya lomba reli rakit hias, lomba tari tradisonal BENGKULU SELATAN, lomba lagu daerah BENGKULU SELATAN.

BACA JUGA:Satu SDN Rentan Minim Murid, Untuk SMPN Di Seluma Aman

 

Adapun pembukaan festival Ayik Manna dihadiri FKPD Bengkulu Selatan, seluruh kepala OPD dan jajaran. Serta melibatkan seluruh kecamatan dan UMKM binaan Dispar. 

 

Kepala Dinas Parawisata (Dispar) Bengkulu Selatan (BS), Rendra Febrianto SS.M.Si menuturkan bahwa pihaknya akan menggelar festival budaya Ayiak Manna, dan direncanakan pada tanggal 22 Juli 2024. Festival diisi dengan berbagai kegiatan, diantaranya lomba reli rakit hias dengan pendaptaran Rp 200 ribu per regu melibatkan OPD dan Pemerintah Desa (pemdes)  bisa diberihkan kesempatan untuk ikut serta, selanjutnya lomba tari khas Bengkulu Selatan, lomba lagu daerah Bengkulu Selatan,"ungkap Renda kepada awak media, Juma't (5/7/2024).

 

Dikatakan Rendra, event festival ayik Manna ini masuk agenda tahunan, dan sangat disayangkan kegiatan ini tidak dilaksanakan namun diupayakan kegiatan ini semeriah mungkin dilaksanakan secara maksimal. Meskipun terbatas dengan anggaran.

BACA JUGA:Ferrari California 4.3 California Convertible, Mobil Balap dengan Desain Canggih Siap Diluncurkan di Indonesia

 

Ia juga mengakui Festival Ayiak Manna merupakan bentuk kegiatan yang diadakan untuk merayakan dan mempromosikan warisan budaya suatu daerah yang mengkolaborasikan berbagai aktivitas, seperti pertunjukan tarian musik tradisional Bengkulu Selatan, dan lain-lainnya.

 

Festival Budaya Ayik Manna juga sebagai media promosi, dan juga menjadi wadah atau kesempatan bagi masyarakat lokal dan pengunjung untuk belajar menghargai dan merayakan kekayaan budaya yang dimiliki oleh daerah tercinta Kabupaten Bengkulu Selatan.

Sumber: