Perubahan Anggaran, Relisasi PISEW di Bengkulu Selatan 2024

Perubahan Anggaran, Relisasi PISEW di Bengkulu Selatan 2024

Kepala Disperkim Kabupaten Bengkulu Selatan, Decky Zulkarnaen, S.Sos Realisasikan Program PIWES--

 

BENGKULU SELATAN, radarseluma.disway.id - Usulan program Pengembangan Infrastruktur Sosial Wilayah (PISEW) tahun 2024 di Kabupaten BENGKULU SELATAN disampaikan oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kabupaten BENGKULU SELATAN optimis teralisasi di perubahan anggaran tahun 2024 ini. Mengingat untuk tahun 2024 ada beberapa paket pekerjaan fisik Pengembangan Infrastruktur sosial wilayah.

 

"Program PISEW merupakan satu kebijakan pemerintah pusat dalam membangun infrastruktur maupun ekonomi masyarakat di pedesaan,"ungkap Kepala Disperkim Kabupaten Bengkulu Selatan, Decky Zulkarnaen, S.Sos mengatakan, tahun 2024 ini pihaknya mengusulkan sepuluh paket program PISEW kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) RI. Namun dari sepuluh paket usulan tersebut, hanya ada kurang lebih Delapan paket pekerjaan fisik yang disetujui oleh pemerintah pusat. Adapun lokasi PISEW tersebar di Tiga Kecamatan, yakni Kecamatan Bunga Mas, Kecamatan Ulu Manna dan Kecamatan Manna. 

 

"Pembangunan infrastuktur sosial wilayah sudah dilakukan survei lokasi beberapa waktu lalu, lokasi-lokasi usulan desa yang nanti pendanaan dari APBN dan mudah-mudahan akan dibangun pada APBD Perubahan 2024,"ucap Dicky.

 

Menurut Dicky, dari paket proyek PISEW tahun 2024 ini Dinas Perkim Bengkulu Selatan berharap ada peningkatan ekonomi maupun infrastruktur di wilayah tersebut. Mengingat dalam proyek ini pembangunan yang dilakukan tidak hanya soal jalan ataupun infrastruktur fisik. Meliputi ekonomi, seperti dermaga yang intinya untuk pengembangan ekonomi masyarakat setempat.

BACA JUGA:Alsintan Bagian Peningkatan Produktivitas Pertanian di Bengkulu Selatan

BACA JUGA:Kreatif dan Inovatif Bersama

"Program ini diharapkan bisa memicu peningkatan perekonomian masyarakat,"jelas Dicky.

 

Ia menambahkan program PISEW (Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah) memiliki tujuan yaitu meningkatkan pengembangan sosial ekonomi wilayah berbasis pada potensi sumberdaya lokal untuk mengurangi kesenjangan antar wilayah melalui pembangunan infrastruktur wilayah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat.

 

Sumber: