VCI Global Kembangkan Pusat Data Komputasi AI Generasi Berikutnya, untuk Revolusi Industri

VCI Global Kembangkan Pusat Data Komputasi AI Generasi Berikutnya, untuk Revolusi Industri

VCI Global Limited--

 

 

KUALA LUMPUR, Malaysia, Radarseluma.Disway.Id,  - VCI Global Limited (NASDAQ: VCIG) (“VCI Global”, “VCIG”, atau “Perusahaan”), hari ini mengumumkan rencana strategisnya untuk membangun kecerdasan buatan ( AI) pusat data komputasi, dirancang untuk memenuhi tuntutan komputasi yang intens dari beban kerja AI. Inisiatif ini menandai langkah maju yang signifikan dalam mendorong revolusi industri berikutnya melalui teknologi mutakhir.

 

BACA JUGA:Ferrari New Sport Car, Mobil Super Balap Kelas Dunia Siap Bersaing di Ajak Balap Mobil Sport di Spanyol

BACA JUGA:Toyota Kijang Innova, SUV Handal Berteknologi Tinggi Desain memiliki Fitur Canggih Otomatis dan Memukau

Pusat data komputasi AI akan dilengkapi dengan Unit Pemrosesan Grafis (GPU) H200 berpendingin air yang canggih untuk mendukung komputasi kompleks dan pemrosesan data besar. Ini akan memberikan layanan daya komputasi yang tak tertandingi, termasuk penyewaan GPU dan solusi penyimpanan, menawarkan GPU sebagai layanan (GPUaaS) untuk pemerintah, lembaga keuangan, dan bisnis. Tidak hanya meningkatkan efisiensi komputasi, namun fasilitas canggih ini juga mendorong penggunaan energi berkelanjutan melalui teknologi pendinginan yang inovatif.

 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Fortune Business Insights, pasar GPUaaS global mengalami pertumbuhan eksponensial, dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 35,8% dari tahun 2024 hingga 2032, diproyeksikan mencapai US$49,84 miliar pada tahun 2032. Pertumbuhan ini didorong oleh perekonomian pusat data yang semakin berkembang dan meningkatnya permintaan akan komputasi awan, komputasi kinerja tinggi, AI, dan pembelajaran mesin di berbagai sektor seperti perbankan, layanan kesehatan, dan otomotif. Usaha VCIG dalam GPUaaS akan memberi organisasi akses yang fleksibel dan sesuai permintaan terhadap sumber daya komputasi berkinerja tinggi, mengoptimalkan proyek berbasis AI, dan mendorong inovasi teknologi.

 

BACA JUGA:Nasdem dan PKB Dukung Teddy Rahman Pilkada Seluma 2024, Terbaru Partai Demokrat

 

VCIG berencana membangun pusat data komputasi AI pertama di Malaysia pada kuartal pertama tahun 2025. Berdasarkan pencapaian ini, Perusahaan bertujuan untuk memperluas jangkauannya dengan pusat data tambahan di Eropa dan Amerika Serikat pada akhir tahun 2025. Negosiasi sudah dilakukan. sedang berlangsung dengan mitra teknologi terkemuka dan pemasok GPU untuk memastikan keberhasilan implementasi proyek perintis ini.

 

Sumber: