Allianz Commercial, Klaim Kerugian Pelayaran Turun, Capai Titik Terendah

  Allianz Commercial, Klaim Kerugian Pelayaran Turun, Capai Titik Terendah

Allianz Commercial--

Jumlah insiden pelayaran yang dilaporkan secara global sedikit menurun pada tahun lalu (2.951 berbanding 3.036), dengan Kepulauan Inggris mengalami jumlah tertinggi (695). Kebakaran di kapal – yang merupakan kekhawatiran abadi – juga menurun. Namun, masih terdapat 55 kerugian total dalam lima tahun terakhir, dan lebih dari 200 insiden kebakaran dilaporkan pada tahun 2023 saja (205) – jumlah tertinggi kedua dalam satu dekade setelah tahun 2022. Kebakaran tetap menjadi masalah keselamatan utama pada kapal-kapal besar mengingat potensinya. ancaman terhadap nyawa, skala kerusakan, dan fakta bahwa biaya yang terkait bisa sangat besar, sebuah faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan biaya klaim asuransi kelautan dalam jumlah besar dalam jangka panjang.

 

BACA JUGA: Kejari Seluma jadi Kajari Tegal, Penggantinya Dr. Eka Nugraha, SH, MH

 

Insiden baru-baru ini, seperti yang terjadi setelah konflik di Gaza, telah menunjukkan meningkatnya kerentanan pengiriman global terhadap perang proksi, perselisihan dan peristiwa geopolitik, dengan lebih dari 100 kapal menjadi sasaran di Laut Merah saja oleh militan Houthi sebagai respons terhadap konflik tersebut. . Gangguan terhadap pelayaran di dalam dan sekitar wilayah ini masih terus berlanjut dan kemungkinan besar akan terus terjadi di masa mendatang. “Rezim yang tidak stabil, perselisihan regional, dan persaingan menciptakan situasi dinamis di beberapa rute pelayaran tersibuk di dunia. Krisis Laut Merah menunjukkan betapa pentingnya jalur air penting seperti Terusan Suez bagi perekonomian dunia, dan betapa rentannya jalur tersebut terhadap perekonomian dunia. Gangguan ini merupakan perkembangan mengkhawatirkan yang dapat menimbulkan dampak dan konsekuensi bagi wilayah lain di dunia yang rute pelayarannya terkena dampak geopolitik, seperti yang kita lihat pada penyitaan kapal di Selat Hormuz,” kata Kapten Nitin Chopra, Marinir Senior. Konsultan Risiko, Allianz Commercial Asia . Munculnya kembali perompak Somalia, setelah pembajakan pertama mereka yang berhasil sejak tahun 2017, juga menambah kekhawatiran.

 

“Baik perang di Ukraina dan serangan di Laut Merah juga telah mengungkapkan meningkatnya ancaman terhadap pelayaran komersial yang ditimbulkan oleh teknologi baru seperti drone, yang relatif murah dan mudah dibuat, serta sulit untuk dipertahankan tanpa kehadiran angkatan laut yang besar,” kata dia. Khanna. “Di masa depan, serangan yang lebih didorong oleh teknologi terhadap pelayaran dan pelabuhan juga mungkin terjadi. Laporan mengenai kapal yang mengalami gangguan GPS semakin meningkat, khususnya di Selat Hormuz, Mediterania, dan Laut Hitam.”

 

Laporan tersebut juga mencatat bahwa dalam tiga tahun sejak Rusia menginvasi Ukraina, pengetatan bertahap sanksi internasional terhadap ekspor minyak dan gas Rusia telah berkontribusi pada pertumbuhan 'armada bayangan' kapal tanker yang cukup besar, sekitar 600 unit. menjadi 1.400 kapal. “ Kebanyakan kapal-kapal ini sudah tua, sering kali tidak dirawat dengan baik, dan beroperasi di luar peraturan internasional, seringkali tanpa asuransi yang memadai. Situasi ini menimbulkan risiko lingkungan dan keselamatan yang serius ,” kata Justus Heinrich, Global Product Leader, Marine Hull, Allianz Commercial. Kapal-kapal telah terlibat dalam setidaknya 50 insiden hingga saat ini, termasuk kebakaran, kerusakan mesin, tabrakan, kehilangan kemudi, dan tumpahan minyak. “ Biaya untuk menangani insiden-insiden ini sering kali ditanggung oleh pemerintah atau perusahaan asuransi kapal lain jika ada yang terlibat dalam suatu insiden .”

 

Pengalihan rute membawa risiko dan tantangan lingkungan

Serangan terhadap pelayaran di perairan Timur Tengah juga berdampak buruk pada transit Terusan Suez – yang turun lebih dari 40% pada awal tahun 2024 – dan perdagangan. Hal ini terjadi segera setelah gangguan yang disebabkan oleh kekeringan di Terusan Panama. Hal ini merupakan serangan ganda terhadap pelayaran, sehingga menyebabkan lebih banyak masalah bagi rantai pasokan global. Rute alternatif mana pun yang diambil kapal, mereka menghadapi pengalihan yang panjang dan peningkatan biaya, yang juga berdampak pada pelanggan mereka. Menghindari Terusan Suez menambah setidaknya 3.000 mil laut (lebih dari 5.500 km) dan 10 hari waktu berlayar, mengubah rute melalui Tanjung Harapan .

 

BACA JUGA:Toyota All New Avanza 2024, Harga Promo Spesial Bulan Mei! Jangan Ketinggalan Kesempatan Ini

 

Sumber: