Akui Dapat Hibah, Ketua Karang Taruna Seluma Tak Tahu dari Anggaran Stunting

Akui Dapat Hibah, Ketua Karang Taruna Seluma Tak Tahu dari Anggaran Stunting

Ketua Karang Taruna Kabupaten Seluma yang juga Wakil Ketua DPRD Seluma--

Samsul juga menerangkan, terkait dengan pemanggilan pemanggilan terhadap Bendahara Karang Taruna oleh tim Penyidik Pidsus Kejaksaan Negeri Seluma. Dirinya mengakui dan tidak menyalahkan pihak Kejaksaan Negeri Seluma melakukan pemanggilan terhadap pihaknya. Lantaran Karang Taruna Kabupaten Seluma merupakan salah satu organisasi yang menggunakan alokasi anggaran Insentif Fiskal Stunting.

 

Pihaknya juga telah memberikan klarifikasi oleh tim penyidik Pidsus Kejaksaan Negeri Seluma. Tekait dengan kegiatan yang telah dilakukan oleh Karang Taruna Kabupaten Seluma yang menggunakan anggaran Insentif Fiskal Stunting tahun 2023 yang lalu.

 

"Kita tidak mengalahkan jika Kejaksaan manggil kita, karena kita pengguna anggaran Stunting. Hanya saja kita menyampaikan klarifikasi bahwa sumber dana DAU, tau-tau dibayar menggunakan anggaran Insentif Fiskal Stunting. Apakah memang mereka ingin menutup alurnya kemana-mana biar bisa terealisasi, kita tidak paham itu," tegasnya.

 

Samsul juga menambahkan, jika sebelumnya Karang Taruna mendapatkan anggaran Hibah. Hanya saja pada saat di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P). Anggaran hibah tersebut berubah menjadi anggaran kegiatan. Lantaran menurut pihak BKD jika anggaran hibah tidak bisa diaplikasikan, sehingga dipindahkan ke anggaran kegiatan.

 

"Untuk kegiatan Alhamdulillah semuanya tidak ada fiktif. Semua kegiatan sudah kita laksanakan," ujarnya.

 

Adapun kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh Karang Taruna Kabupaten Seluma yang menggunakan anggaran Insentif Fiskal Stunting tahun 2023 yang lalu. Yakni dengan anggaran sebesar Rp 200 juta. Yakni, ada tiga poin kegiatan. Diantaranya, kegiatan penyegaran Karang Taruna Kecamatan, pemilihan putra putri kebudayaan. Serta pelaksanaan festival Rindu Budaya tahunan yang ke tiga. Serta ditambah dengan runititas tahunan, seperti sewa kantor, Alat Tulis Kantor (ATK).

 

BACA JUGA: Yusril Ihza Mahendra Keluar dari PBB, Usai Mundur dari Ketum

BACA JUGA:Harga Biji Kopi Meroket Naik, TBS Mulai Stabil Tapi Harga Turun! Berikut Harga Terbaru Mei 2024

"Sumberdananya mereka yang lebih tau, karena tidak ada koordinasi ke DPRD," pungkasnya.

Sumber: