Hewan Legendaris Bernama Bebeliak Sudah Jarang Terlihat Di Seluma..Berikut Fakta Mengejutkan Hewan Satu Ini!

Hewan Legendaris Bernama Bebeliak Sudah Jarang Terlihat Di Seluma..Berikut Fakta Mengejutkan Hewan Satu Ini!

Menangkap bebeliak dimalam hari.--

radarseluma.disway.id - Di Kabupaten Seluma ternyata ada hewan yang memancarkan cahaya saat dimalam hari, hewan tersebut sering disebut " bebeliak".

 

Namun keberadaan hewan satu ini sudah hampir punah, hewan ini biasanya muncul dimalam hari dan bisa terbang.

 

Saat malam hari " bebeliak " akan berterbangan dengan pancaran kerlipan cahaya dari badannya.

 

Ternyata hewan satu ini bernama asli kunang- kunang. Kunang-kunang adalah sejenis serangga yang dapat mengeluarkan cahaya yang jelas terlihat saat malam hari. Cahaya ini dihasilkan oleh "sinar dingin" yang tidak mengandung ultraviolet maupun sinar inframerah dan memiliki panjang gelombang 510 sampai 670 nanometer, dengan warna merah pucat, kuning, atau hijau, dengan efisiensi sinar sampai 96%.

 

Kunang-kunang termasuk dalam golongan Lampyridae yang merupakan famili dalam ordo kumbang Coleoptera. Ada lebih dari 2000 spesies kunang-kunang, yang dapat ditemukan di daerah empat musim dan tropis di seluruh dunia. Banyak sepesies ini yang ditemukan di rawa atau hutan yang basah di mana tersedia banyak persediaan makanan untuk larvanya.

BACA JUGA:Perda Hewan Ternak Mati Suri Sapi Berkeliaran Di Kompleks Rumdin Perkantoran Pemkab Seluma

BACA JUGA: Wow!! Sudah 50 Orang Warga Seluma Tergigit Hewan Penular Rabies! Tempo 2 Bulan?

 

 

Kunang-kunang yang memancarkan sinar untuk saling mengenali atau untuk memberi tanda kawin, menggunakan panjang gelombang sinar yang berbeda, tergantung pada spesiesnya

Sumber: