Inilah Keutamaan Sholat Tarawih Malam Ke 10, Pahalanya Kebaikan Dunia dan Akhirat Berikut Penjelasannya.

Inilah Keutamaan Sholat Tarawih Malam Ke 10, Pahalanya Kebaikan Dunia dan Akhirat Berikut Penjelasannya.

Kajian Islam. Keutamaan tarawih malam ke 10 Ramadhan --

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id -Puasa Ramadhan merupakan kewajiban orang yang beriman sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 183 berbunyi:
 
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
 
Artinya:
"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa"
 
 
Untuk meraih predikat taqwa tentunya harus melaksanakan serangkaian ibadah puasa Ramadhan seperti Sholat taraweh, witir, berzikir, bersedekah dan banyak hal lainnya yang mendatangkan pahala.
 
Sholat tarawih merupakan salah satu amalan Sunnah yang sangat di anjurkan oleh Nabi Muhammad Rasulullah SAW sekaligus qiyamu Ramadhan. Ada beberapa keutamaan atau fadhilah Sholat tarawih khususnya di malam ke 10 Bulan Ramadhan.
 
Shalat tarawih termasuk sunnah Muakkad dan disunnahkan dikerjakan secara berjamaah seperti yang dilakukan Rasulullah SAW dan para sahabatnya.
 
Nabi Muhammad Rasulullah SAW bersabda yang berbunyi:
 
مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
Artinya: 
Dari Abu Hurairah r.a., Nabi SAW bersabda: “Barang siapa yang melaksanakan puasa Ramadhan dengan keimanan dan keikhlasan, maka diampuni dosanya yang telah berlalu”. (Al-Bukhari Muslim).
 
 
Dalam hadits lain disebutkan yang berbunyi:
 
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُرَغِّبُ فِي قِيَامِ رَمَضَانَ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَأْمُرَهُمْ فِيهِ بِعَزِيمَةٍ فَيَقُولُ مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
 
Artinya
"Rasulullah SAW menganjurkan agar mengerjakan shalat malam pada bulan Ramadhan, akan tetapi tidak mewajibkannya. Beliau bersabda: “Siapa yang mengerjakan shalat malam pada bulan Ramadhan dengan iman dan ikhlas, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”. (HR Bukhari Muslim).
 

Kajian Islam. Keutamaan malam ke 10 Ramadhan
 
Sholat taraweh dianjurkan dilakukan secara berjamaah di Masjid akan tetapi bisa juga dilakukan sendirian di rumah adapun Sholat taraweh dilakukan setelah Sholat Isa baru sholat taraweh dan witir ada yang dilakukan sebanyak 11 rakaat dengan witir ada juga 23 rakaat dan witir 
 
Namun sholat taraweh yang di lakukan oleh Nabi Muhammad Rasulullah SAW tidak pernah lebih dari 11 rakaat Adapun pendapat yang meyakini bahwa jumlah shalat tarawih 8 rakaat plus 3 witir sehingga menjadi 11 rakaat rata-rata sandarannya adalah hadits Aisyah ra berikut ketika beliau ditanya bagaimana Shalat malamnya Rasulullah SAW Aisyah RA menjawab yang berbunyi:
 
ما كان رسول الله يزيد في رمضان ولا في غيره على إحدى عشرة ركعة
Artinya:
Aisyah ra menjawab: “Bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam tidak pernah shalat malam melebihi 11 rakaat baik pada bulan ramadhan maupun pada bulan lainnya” (HR. Bukhari dan Muslim).
 
 
Adapun keutamaan sholat taraweh malam ke 10 Ramadhan yaitu dalam sebuah Hadist dijelaskan Allah SWT akan memberikan rezeki baik Dunia maupun Akhirat 
 
وفى اليلة العاشرة يرزقه الله تعالى خيرى الدنيا والآخرة
Artinya:
"Pada malam yang ke 10, Allah akan memberi rizki yang lebih bagus di dunia maupun akhirat bagi yang tarawih"
 
Malam 10 Bulan Ramadhan sebagaimana disebutkan dalam Hadits merupakan fase pertama Bulan Ramadhan yang penuh rahmat Allah. 
 
 أول شهر رمضان رحمة، وأوسطه مغفرة، وآخره عتق من النار. رواه ابن أبي الدنيا والخطيب وابن عساكر.
 
Artinya:
"Dari Abu Hurariah, Ramadhan itu adalah bulan yang awalnya penuh dengan rahmat. Di pertengahannya penuh dengan ampunan. Dan, di ujungnya pembebasan dari api neraka.” (HR Ibnu Abi Dunya dan Ibnu 'Asakir) 
 
 
Maka berdasarkan Hadist di atas bahwa keutamaan malam 10 Ramadhan yaitu Allah SWT akan membukakan pintu rezeki baik dunia maupun akhirat atau memiliki keutamaan keberkahan pada malam 10 Ramadhan pahalanya setara atau melebihi nilai dunia beserta isinya, maka sangat la rugi jika tidak kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga bukan yang penuh rahmat kasih sayang Allah dan mendapatkan ampunan hingga kita di akhir Ramadhan terhindar dari Api neraka dan mendapatkan predikat taqwa dari Allah SWT. Aamiin Allahumma Aamiin. (djl)

Sumber: