Menyaksikan Arak Ogoh-ogoh di 'Bali' Seluma, Menyerap Energi Negatif

 Menyaksikan Arak Ogoh-ogoh di 'Bali' Seluma, Menyerap Energi Negatif

Kegiatan arak ogoh ogoh sebelum nyepi--

 

AIR PETAI, Radar Seluma.Disway.id - Perayaan nyepi tidak hanya ada di Bali. di Seluma, yakni di daerah Air Petai Suka Raja Seluma Bengkulu, kegiatan nyepi juga dilakukan. Sampai kepada arak ogoh-ogoh.

 

BACA JUGA:Aduh! Cemburu Buta ke Mantan Suami Istrinya, Pria Paruh Baya di Seluma Bacok Teman

BACA JUGA: Tabrak Polisi Saat Razia, Pria Seluma Segera Diadili!

 

Menyambut hari Raya Nyepi, ratusan Umat Hindu yang berada di Desa Air Petani, Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. Menggelar pawai Ogoh-Ogoh.

 

Dalam pawai Ogoh-Ogoh yang telah digelar Umat Hindu yang berada di Desa Air Petai pada Minggu (10/3) malam. Dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi. Dalam proses pawai Ogoh-Ogoh, dibawa keliling desa searah mata angin dan diiringi dengan musik gamelan.

 


Arak ogoh ogoh ini di seluma bengkulu bukan bali--

"Ini adalah bagian dari ritual menyambut tahun baru Shaka. Yaitu Hari Raya Nyepi. Pengarahan Ogoh-Ogoh sendiri maknanya adalah untuk menyerap semua energi negatif atau kejahatan. Dan Ogoh-Ogoh itu sendiri adalah simbol kepribadian mahluk Bhuta Kala

yang kami menyebutnya dalam Hindu yang membawa aura kekuatan sangat jahat, negatif yang bisa mengganggu manusia dan alam sekitarnya," terang Jero Mangku Desa Air Petai, Nyoman Kartono.

 

Sumber: