Pesona Tangkuban Perahu, Wisata Legendaris Indonesia

Pesona Tangkuban Perahu, Wisata Legendaris Indonesia

Legenda Tangkuban Perahu--

Sejarah Tangkuban Perahu merupakan gunung berapi purba yang dianggap telah ada sejak 90.000 tahun  dalam catatan sejarah, Tangkuban Perahu telah mengalami 13 kali letusan sejak tahun 1892 hingga 2019. 

 

Salah satu letusan yang pernah terjadi memiliki pengaruh besar sehingga menghasilkan terbentuknya sembilan kawah dengan ukuran bervariasi. Kawah-kawah tersebut diberi nama Kawah Ratu, Upas, Baru, Lanang, Jurig, Siluman, Domas, Jarian dan Pangguyangan Badak. Namun hanya tiga kawah yang boleh dikunjungi oleh wisatawan yaitu Kawah Domas, Ratu, Upas. 

 

Beberapa kawah lainnya belum diperkenankan untuk dikunjungi wisatawan karena mampu mengeluarkan bau belerang menyengat dan beracun. Sehingga pengunjung tidak diizinkan untuk mendekati kawah-kawah tersebut. 

 

Tangkuban Perahu memiliki ketinggian hingga 2.084 meter. Bila dalam kondisi prima dapat mendaki gunung untuk melihat kawah-kawah yang diizinkan. Kawah Domas merupakan kawah pertama yang dapat kamu lihat saat mendaki gunung ini karena lokasinya hanya berkisar satu atau dua kilometer dari permukaan.

 

Dari ketiga kawah yang dapat dikunjungi, Kawah Ratu merupakan kawah di Tangkuban Perahu yang terbesar. Bila hendak ke Kawah Upas akan mendapati perjalanan menantang yang hanya bisa dilalui dengan mobil offroad. 

 

Walau begitu, tenang saja. Karena South Camp telah menyediakan paket mobil offroad menggunakan Land Rover yang bisa digunakan untuk mengatasi perjalanan penuh tantangan. Mulai dari Rp150 ribu dapat menikmati petualangan penuh kesan dan memacu adrenalin saat liburan. 

 

BACA JUGA:Bank Mandiri Targetkan Kredit Usaha Rakyat KUR Sebesar Rp37,5 Triliun pada Tahun 2024 Peningkatan Modal UMKM

Selain itu, masih ada banyak ragam paket kegiatan outbound yang dapat dipilih untuk mengisi hari libur. Mulai dari camping, paintball, rafting, dan kegiatan menarik lainnya. Buruan booking paketmu sekarang juga untuk nikmati liburan bernuansa petualangan. 

 

Sumber: legenda tangkuban perahu