Pesona Tangkuban Perahu, Wisata Legendaris Indonesia

Pesona Tangkuban Perahu, Wisata Legendaris Indonesia

Legenda Tangkuban Perahu--

BACA JUGA:Duel Terlaris Toyota Fortuner Sport VS Mitsubishi Pajero Sport, Pilih Yang Mana Jagoanmu? di Antara Kedua SUV

 

Legenda Tangkuban Perahu

 menyimpan legenda cerita rakyat yang masih begitu hangat di telinga masyarakat berjudul Sangkuriang. Kisah Sangkuriang merupakan legenda yang menceritakan asal-muasal terbentuknya gunung Tangkuban Perahu. Bila dilihat dari nama gunung tersebut, dalam bahasa Sunda, ‘Tangkuban’ memiliki arti ‘terbalik’ dan yang ‘terbalik’ adalah sebuah ‘perahu’. 

 

Menurut legenda, ada seorang wanita cantik bernama Dayang Sumbi yang ditaksir oleh seorang pria tampan yang sakti bernama Sangkuriang. Sayangnya, Sangkuriang adalah anak kandungnya yang pernah ia usir karena membunuh dan memasak hati ayahnya Si Tumang. Namun, karena terpisah jarak dan waktu, Sangkuriang sendiri tidak menyadari bahwa wanita yang ia taksir adalah ibu kandungnya sendiri.

 

Untuk menolak pengakuan cinta Sangkuriang, Dayang Sumbi menyur untuk membuat perahu berukuran besar hanya dalam waktu satu malam. Ia berharap Sangkuriang gagal dan ia dapat menolak permintaan putranya. Tetapi, karena rasa cinta Sangkuriang yang besar, ia berupaya dengan sungguh untuk menyanggupinya. 

 

 

 

Merasa khawatir melihat proses pembangunan perahu yang hampir selesai, Dayang Sumbi berusaha membatalkan upaya Sangkuriang dengan membuat ayam berkokok. Tak terima dengan perlakuan Dayang Sumbi yang dianggap curang, Sangkuriang menendang perahu tersebut dengan penuh amarah. 

 

Perahu itu terlempar jauh dan jatuh tertelungkup. Kemudian menjelma menjadi sebuah gunung yang kemudian disebut Tangkuban Perahu.

 

Sumber: legenda tangkuban perahu