Heboh Bertemu Orang Suku Mante!! Cek Kebenarannya di Sini!!

Heboh Bertemu Orang Suku Mante!! Cek Kebenarannya di Sini!!

Bertemu orang suku mante--

Orang Suku Mante ini disebut-sebut mempunyai ciri-ciri dan postur tubuh yang agak kecil dibandingkan dengan orang Aceh sekarang. 

 

Diduga orang suku Mante ini mempunyai kaitan dengan suku bangsa Mantera di Malaka, bagian dari bangsa Khmer dari Hindia Belakang.

 

Menurut Zainuddin dalam Tarich Atjeh dan Nusantara, bangsa Aceh termasuk ke dalam lingkungan rumpun bangsa Melayu, yaitu bangsa-bangsa orang suku Mante (Bante), Lanun, Sakai Djakun, Semang (orang laut), Senui dan lain-lain yang berasal dari negeri Perak dan Pahang menurut etnologi, ada hubungannya dengan bangsa Phonesia dan Babylonia dan bangsa Dravida di lembah sungai Indus dan Gangga.

 

 

Sampai sekarang belum ada penelitian dan penjelasan  yang khusus mengenai orang suku Mante. 

 

Orang suku Mante berdasarkan cerita masyarakat Aceh memang pernah terlihat di sana. 

 

Hal itu juga diakui oleh Christiaan Snouck Hurgronje, penasihat pemerintah Hindia Belanda untuk masalah pribumi dan Arab/Islam, yang menyelidiki masyarakat Aceh agar dapat ditaklukkan dalam Perang Aceh.

 

Menurut kabar Suku Mante ini tanpa menggunakan pakaian. Tumbuh mereka ditumbuhi rambut tebak. Dan dikabarkan bahwa Suku Mante ini mereka mendiami pegunungan. 

 

Sumber: