Kelak Akan Ada Orang Yang Allah Keluarkan Dari Neraka Lalu Masuk Surga. Ini Penyebabnya..??

Kelak Akan Ada Orang Yang Allah Keluarkan Dari Neraka Lalu Masuk Surga. Ini Penyebabnya..??

Kajian Islam. Orang masuk Neraka lalu masuk Surga atas izin Allah--

Kajian Islam. Radar Seluam. Disway.id -Kelak setelah Manusia melakukan hisab dihapan Allah SWT dan bagi Manusia bilamana timbangan amalannya lebih banyak maka ia Allah SWT masukan kedalam Surga namun ketika amalannya lebih ringan dari dosanya maka Allah SWT masukan ia kedalam Neraka.

Namun ada juga kelak atas izin Allah SWT orang yang telah Allah SWT masukan kedalam Neraka lalu Allah keluarkan dan Allah SWT masukkan ke dalam Surga nya. Peristiwa ini disebut terjadi ketika Allah SWT telah selesai memberikan keputusan diantara hamba-hamba-Nya.

BACA JUGA:Nanguzubillah..!! Ini 11 Nama Yang Dipastikan Masuk Neraka Menurut Al-Quran. Berikut Nama-namanya

Dalam hadits, Rasulullah menceritakan tentang orang yang terakhir keluar Neraka dan terakhir masuk Surga. Ibnu Mas'ud berkata, Rasulullah SAW bersabda yang berbunyi:

إِنِّى لأَعْلَمُ آخِرَ أَهْلِ النَّارِ خُرُوجًا مِنْهَا وَآخِرَ أَهْلِ الْجَنَّةِ دُخُولاً الْجَنَّةَ رَجُلٌ يَخْرُجُ مِنَ النَّارِ حَبْوًا فَيَقُولُ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى لَهُ اذْهَبْ فَادْخُلِ الْجَنَّةَ فَيَأْتِيهَا فَيُخَيَّلُ إِلَيْهِ أَنَّهَا مَلأَى فَيَرْجِعُ فَيَقُولُ يَا رَبِّ وَجَدْتُهَا مَلأَى. فَيَقُولُ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى لَهُ اذْهَبْ فَادْخُلِ الْجَنَّةَ - قَالَ - فَيَأْتِيهَا فَيُخَيَّلُ إِلَيْهِ أَنَّهَا مَلأَى فَيَرْجِعُ فَيَقُولُ يَا رَبِّ وَجَدْتُهَا مَلأَى فَيَقُولُ اللَّهُ لَهُ اذْهَبْ فَادْخُلِ الْجَنَّةَ فَإِنَّ لَكَ مِثْلَ الدُّنْيَا وَعَشَرَةَ أَمْثَالِهَا أَوْ إِنَّ لَكَ عَشَرَةَ أَمْثَالِ الدُّنْيَا - قَالَ - فَيَقُولُ أَتَسْخَرُ بِى - أَوْ أَتَضْحَكُ بِى - وَأَنْتَ الْمَلِكُ » قَالَ لَقَدْ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- ضَحِكَ حَتَّى بَدَتْ نَوَاجِذُهُ. قَالَ فَكَانَ يُقَالُ ذَاكَ أَدْنَى أَهْلِ الْجَنَّةِ مَنْزِلَةً

Artinya:

"Sesungguhnya aku tahu siapa orang yang paling terakhir dikeluarkan dari Neraka dan paling terakhir masuk ke Surga. Yaitu seorang laki-laki yang keluar dari Neraka dengan merangkak." Kemudian Allah berfirman kepadanya, "Pergilah engkau, masuklah engkau ke Surga." Ia pun mendatangi Surga, tetapi ia membayangkan bahwa Surga itu telah penuh.Ia kembali dan berkata, "Wahai Rabbku, aku mendatangi Surga tetapi sepertinya telah penuh." Allah berfirman kepadanya, "Pergilah engkau dan masuklah Surga." Ia pun mendatangi Surga, tetapi ia masih membayangkan Surga itu telah penuh. Kemudian ia kembali dan berkata, "Wahai Rabbku, aku mendatangi Surga tetapi sepertinya telah penuh." Allah berfirman kepadanya, "Pergilah engkau dan masuklah Surga, karena untukmu Surga seperti dunia dan sepuluh kali lipat darinya." Orang tersebut berkata, "Apakah Engkau memperolok-olokku atau menertawakanku, sedangkan Engkau adalah Raja (pemiliknya)?"


Kajian Islam Orang terakhir masuk Neraka dan Surga--

Adapun orang yang kelak Allah keluarkan dari Neraka dan kemudian Allah SWT masukan kedalam Surga yaitu adalah orang yang semasa hidupnya tidak menyekutukan Allah SWT dan ia mengucapkan dua kalimat syahadat dan tentu ketika Allah SWT mengeluarkannya dari Neraka dan memasukannya ke dalam Surga setelah Allah bersihkan terlebih dahulu dosa-dosanya dengan di bakar terlebih dahulu  oeleh Api Neraka artinya ia akan merasakan terlebih dahulu siksaan Api Neraka yang sangat lah pedih. 

Janji ini ditegaskan Rasululah SAW dalam hadis berikut yang berbunyi:

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رَضِي اللهُ عَنْه عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ يَدْخُلُ أَهْلُ الْجَنَّةِ الْجَنَّةَ وَأَهْلُ النَّارِ النَّارَ ثُمَّ يَقُولُ اللهُ تَعَالَى أَخْرِجُوا مِنَ النَّارِ مَنْ كَانَ فِي قَلْبِهِ مِثْقَالُ حَبَّةٍ مِنْ خَرْدَلٍ مِنْ إِيمَانٍ فَيُخْرَجُونَ مِنْهَا قَدِ اسْوَدُّوا فَيُلْقَوْنَ فِي نَهَرِ الْحَيَا أَوِ الْحَيَاةِ شَكَّ مَالِكٌ فَيَنْبُتُونَ كَمَا تَنْبُتُ الْحِبَّةُ فِي جَانِبِ السَّيْلِ أَلَمْ تَرَ أَنَّهَا تَخْرُجُ صَفْرَاءَ مُلْتَوِيَةً قَالَ وُهَيْبٌ حَدَّثَنَا عَمْرٌو الْحَيَاةِ وَقَالَ خَرْدَلٍ مِنْ خَيْرٍ. [رواه البخاري 

Artinya:

Dari Abu Sa'id l-Khudri RA, Nabi SAW bersabda, "Penghuni Surga akan masuk Surga dan penghuni Neraka akan masuk Neraka." Kemudian Allah SWT memerintahkan, "Keluarkan dari Neraka orang-orang yang dalam hatinya ada iman seberat biji sawi. Maka dikeluarkanlah mereka dari Neraka yang warna (badannya) benar-benar hitam, lalu dimasukkan ke dalam sungai hidup atau sungai kehidupan, lalu tumbuhlah mereka seperti biji yang tumbuh setelah air bah, adakah engkau tidak melihatnya, sesungguhnya ia keluar bewarna kuning yang melilit." (HR Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA:Ini 4 Golongan Manusia yang Diharamkan Dijilat Api Neraka. Ini Penjelasannya.

Sumber: