Semakin Marak Aksi Pencurian TBS Sawit di Seluma, Harga Mulai Tinggi, Minta Pengamanan

Semakin Marak Aksi Pencurian TBS Sawit di Seluma, Harga Mulai Tinggi, Minta Pengamanan

Warga panen sawit--

"Saat ini mulai rawan pencurian sawit mas. Sejak harga naik ini," sampainya.

 

Akibat rawannya pencurian TBS kelapa sawit. Membuat para petani sawit setempat pun mulai memanen kelapa sawit lebih dini diluar jadwal yang telah ditentukan. Namun pastinya dengan memanen kelapa sawit yang sudah terlihat masak.

 

"Karena kondisinya rawan, jadi dari pada rugi lebih banyak. Kita panen lebih dulu yang masak mas, dari pada keduluan sama pencuri," ujar Wito.

 

Dirinya juga mengatakan, selain ada petani yang lebih dini menanen kelapa sawitnya yang sudah masak. Ada juga petani sawit yang menandai buah TBS mereka dengan cat. Hal tersebut dilakukan dengan harapan supaya ketika dijual oleh pelaku ke toke akan ketahuan pelakunya.

 

BACA JUGA:Kabar Baik! Sesuai Permenkeu Terbaru, Pemerintah Berikan Tunjangan Kepada Guru 2024, Ternyata Tambahan!

BACA JUGA:Tenaga Honorer Seluma, Masih Ada Kesempatan! 3 Instansi Ini Angkat Sarjana Lulusan Ini Menjadi ASN!

Tak hanya itu saja, yang menjadi dilemma para petani sawit pada saat ini. Para pelaku yang pernah tertangkap tak membuatnya jera. Hal ini lantaran, setiap kali tertangkap oleh warga dan diserahkan ke pihak berwajib, tidak dapat ditindak secara hukum lantaran nilai kerugian materinya dibawah Rp 1 juta. Meskipun dilakukan pelaku secara berkesinambungan yang justru sangat merugikan bagi para petani.(ctr)

Sumber: