Ini 20 Kampus Kritik Jokowi dan Pilpres 2024, Kabarnya Sudah Sampai 59 Kampus

Ini 20 Kampus  Kritik Jokowi dan Pilpres 2024, Kabarnya Sudah Sampai 59 Kampus

Civitas akademika UI mengeluarkan deklarasi kebangsaan--

 

Mereka menyatakan bahwa negara ini tidak boleh dikurbankan demi kepentingan kelompok atau pelanggengan kekuasaan keluarga. Sesuai Mukadimah UUD 1945, Indonesia berdiri agar setiap rakyatnya hidup merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur. Pemerintah pun dibentuk demi mencapai tujuan itu.

 

"Kembalikan keluhuran eksistensi Indonesia dengan menghormati nilai-nilai politik yang diwariskan para pendiri bangsa kita, bukan malah merusaknya lewat berbagai pelanggaran konstitusional dan akal-akalan undang-undang yang menabrak etika berbangsa dan bernegara," ujar Romo Simon di STF Driyarkara, Jakarta, Senin (5/2).

 

BACA JUGA:April, Masa Jabatan Panwascam di Seluma Berakhir

BACA JUGA:Penyaluran Bantuan Pangan Beras di Seluma Dipercepat, Sebelum Pemilu

"Hentikan penyalahgunaan sumber daya negara untuk kepentingan pelanggengan kekuasaan. Selain kepada hukum dan prinsip demokrasi, Anda bertanggung jawab kepada Tuhan," sambung Romo Simon.

 

 

Lebih lanjut, sebanyak 44 Guru Besar Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya juga meminta Jokowi menjaga netralitas saat Pemilu 2024. 

 

Sementara itu ratusan civitas academica Universitas Airlangga (Unair) Surabaya yang terdiri dari guru besar, akademisi, alumni, dan mahasiswa juga mengeluarkan manifesto.

 

Daftar kampus yang menyampaikan seruan kritik ke pemerintahan Jokowi sampai Senin (5/2):

Sumber: