Menuju CPNS dan PPPK 2024: Peluang Terbuka untuk Guru dan Tenaga Kesehatan

Menuju CPNS dan PPPK 2024: Peluang Terbuka untuk Guru dan Tenaga Kesehatan

PPPK--

Sementara itu, pemerintah sedang mempertimbangkan merekrut lulusan baru, termasuk mereka yang memiliki keahlian di bidang kedokteran, pendidikan, dan keahlian digital. 

 

Seleksi CASN mendatang akan lebih menekankan pemenuhan kebutuhan tenaga kependidikan, dengan fokus khusus pada pembentukan guru dan tenaga kesehatan. Hal ini bertujuan untuk pemerataan pendidikan, terutama di daerah terpencil dan tertinggal (daerah 3T). 

 

Batas usia pelamar umumnya ditetapkan pada 18-35 tahun, tetapi ada pengecualian untuk beberapa peran tertentu seperti dokter spesialis, pendidik klinis, peneliti, dan insinyur, yang usia maksimumnya diperpanjang hingga 40 tahun.

 

Prestasi akademik yang luar biasa, termasuk predikat cum laude dari universitas terakreditasi A, memberikan keuntungan tambahan dalam proses seleksi. Bagi pelamar dengan gelar asing, mereka harus memperoleh surat kesetaraan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Khusus untuk pelamar penyandang disabilitas, terdapat ketentuan khusus yang mengharuskan mereka menyertakan surat keterangan dokter yang merinci disabilitas mereka dan video yang menampilkan aktivitas sehari-hari yang relevan dengan posisi yang dilamar.

 

Seleksi CASN dan PPPK Indonesia tahun 2024 merupaka langkah penting untuk mengatasi permasalahan pegawai tidak tetap, tetapi juga bertujuan untuk menciptakan tenaga kerja yang berkualitas dan beragam. 

 

Bagi calon pelamar, disarankan untuk selalu cek saluran resmi seperti sscasn.bkn.go.id untuk informasi dan pengumuman terkini terkait proses seleksi. Peluang baru ini dapat menjadi awal perjalanan menuju karier yang lebih stabil dan terjamin di lingkungan ASN.

 

Sumber : Menpan-RB 

Sumber: