Ini Alasan ASN Harus Netral! Bukan Hanya Bualan, Terkait ASN Berpolitik Sanksi Tegas Menanti!

Ini Alasan ASN Harus Netral! Bukan Hanya Bualan, Terkait ASN Berpolitik Sanksi Tegas Menanti!

Netralitas ASN--

radarseluma.disway.id - Seluruh ASN harus menjunjung tinggi asas netralitas, Netralitas ASN adalah fondasi kuat bagi proses demokrasi yang sehat dan berkualitas.

 

Pertanyaannya kenapa ASN dituntut harus netral dalam berpolitik? Jawabannya ASN harus netral karena menghindari penyalahgunaan sumber daya untuk tujuan politik, menjaga integritas kompetisi politik, dan melindungi kepentingan publik.

 

ASN tidak boleh mengikuti atau menjadi salah satu bagian dari partai politik (parpol), atau tidak boleh ikut bersama dalam tim sukses atau mengampanyekan salah satu partai politik maupun salah satu kontestan pada pemilu atau Pilkada.

 

 

BACA JUGA:Soal Pelanggaran Netralitas ASN, Pemprov Masih Tunggu Instruksi KASN

BACA JUGA:Pemkab Seluma Terbitkan SE Soal Netralitas ASN di Pemilu

 

 

Netralitas ASN merupakan salah satu aspek penting dalam menjaga integritas dan profesionalisme ASN dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat. ASN harus tetap netral dan tidak terlibat dalam kegiatan politik yang bertentangan dengan perannya sebagai pelayan masyarakat yang objektif.

 

ASN memiliki asas netralitas yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN. Dalam aturan itu disebutkan bahwa ASN dilarang menjadi anggota dan/atau pengurus partai politik.

Sumber: