401 Unit RTLH Seluma Dientaskan pada Tahun 2023

401 Unit RTLH Seluma Dientaskan pada Tahun 2023

401 Unit RTLH Seluma--

 

PEMATANG AUR - Bupati Seluma Erwin Octavian, SE menyampaikan sejak Januari hingga Desember 2023 sudah sebanyak 401 unit rumah tidak layak huni (RTLH) yang sudah dibangun menjadi rumah layak huni dan tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Seluma. Capaian ini menurut bupati tak lepas dari kolaborasi berbagi pihak baik itu pemerintah pusat melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), pemerintah Provinsi melalui APBDP, Pemerintah Daerah melalui APBD, dan termasuk juga Baznas dengan program Atap Lantai dan Dinding (Aladin).

BACA JUGA:Proses Hibah Lahan MAKN di Seluma Tetap Dilanjutkan

 

"Program ini dilakukan secara bertahap atau maraton. Dari tahun 2016 itu jumlah RTLH di Kabupaten Seluma ini mencapai 9.000 unit. Dan alhamdulillah saat ini kita sudah bisa mengentaskan hingga 3.000 unit. Ini tidak lepas dari kolaborasi pemerintah pusat, provinsi maupun pemerintah daerah. Dan termasuk dengan Baznas juga yang sudah mengentaskan 28 unit rumah. Inilah yang akan terus menerus kita upayakan agar seluruh masyarakat kita dapat menempati rumah yang layak huni," kata Erwin, kemarin (6/12).

 

Pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023 Kabupaten Seluma sudah menganggarkan rehab RTLH sebanyak 39 unit. Dan kemarin bupati langsung yang menyerahkan kepada masyarakat penerima manfaat. "Alhamdulillah 39 unit rumah ini sudah selesai dan sudah bisa ditempati oleh masyarakat kita. Kita berharap agar ini dapat memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat," sambungnya. 

BACA JUGA: Seluma Hanya 1 Dokter Hewan, Usulkan Penambahan Agar Bisa Swasembada Daging!

 

Sementara itu Rahmat perwakilan penerima manfaat Bantuan Rumah Subsidi (BRS) mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati Seluma dan dirinya berharap agar ke depan bupati diberi kemudahan untuk menjalankan tugas sehingga dapat membantu masyarakat yang masih tinggal di rumah tak layak huni. "Kami ucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada bapak bupati. Berkat beliau kami dari Semidang Alas Maras (SAM) sampai ke Sukaraja yang sebelumnya tinggal di rumah tak layak huni sekarang sudah memiliki rumah yang layak huni," tutupnya. 

 

Sementara itu serah terima BRS 39 unit ini dilaksanakan di Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan Seluma Selatan. Selain dihadiri oleh Bupati Seluma kegiatan ini dihadiri juga oleh Asisten, staf ahli, kepala dinas, Camat, Kades, dan Lurah.(adt)

 

Sumber: