Anggaran Fisik 2024 di Seluma Rp53 miliar

Anggaran Fisik 2024 di Seluma Rp53 miliar

Kepala BKD Seluma Sumiati--

PEMATANG AUR - Pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Seluma tahun 2024  kegiatan fisik yang tahun ini Rp140 miliar lebih tinggal hanya Rp53 miliar. Dana ini bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) yang akan dikelola oleh PUPR Seluma. Jauh merosot sehingga perlu dilakukan optimalisasi anggaran dan menentukan skala prioritas pembangunan. Yang bersifat urgent dan menyangkut kepentingan masyarakat banyak akan diupayakan dibangun di tengah keterbatasan anggaran. "Untuk fisik kita belum tahu secara total karena Rp53 miliar itu belum termasuk Pokok Pikiran (Pokir) dewan" kata Sumiati Kepala BKD Seluma melalui Kabid Anggaran Ismianto, kemarin. 

"Transfer dari pmerintah pusat itu berupa DAK dan DAU Rp11 miliar merupakan DAK jalan, DAU Rp27 miliar, dan DAK Irigasi Rp15 miliar. Kalau total fisik Rp60 miliar bisa kita ambil dari PAD," sambungnya. 

BACA JUGA:Lamborghini Sian Roadster Mobil Super Sport Tercepat Dilingkapi Fitur Otomatis Harga Capai Rp 64,7 Miliar

BACA JUGA:Keistimewaan Rolls-Royce New Ghost Hadir di Pasar Otomotif Indonesia dengan Teknologi Hibrida

 

Sehingga dapat dipastikan bahwa keseluruhan DAK Jalan nantinya akan digunakan untuk melanjutkan pembangunan jalan di Peraduan Tinggi, Kecamatan Seluma Utara. Hal tersebut bukti keseriusan pemerintah daerah untuk mewujudkan Seluma Seribu jalan mulus.

Kemudian untuk Pokir tentunya sebagian anggota dewan akan menggunakannya juga untuk membangun infrastruktur. Berupa jalan siringan dan juga jembatan. "Kalau Pokir kita belum tahu itu berapa yang ke fisik untuk jalan," sambungnya.

Pengurangan ini tidak lepas karena ada agenda besar yang akan dilakukan oleh Kabupaten Seluma pada tahun 2024 yaitu Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).(adt)

 

Sumber: