Khalifah Paling Berpengaruh Pada Masa Bani Umayyah, Berikut Faktanya.

 Khalifah Paling Berpengaruh Pada Masa Bani Umayyah, Berikut Faktanya.

Khalifah terkenal Dinasti Bani Umayyah--

 

 

BACA JUGA:New Toyota Alphard Perkenalkan Generasi Terbaru 2024 Resmi Meluncur di Pasar Indonesia

 

Pertama:

Muawiyah bin Abu Sufyan

 

Khalifah Mu'awiyah Bin Abu Sufyan lahir pada tahun 606 M. merupakan pendiri dan Khalifah pertama Bani Umayyah dan Khalifah Muawiyah sudah memeluk Agama Islam dan mengucapkan syahadat dan beriman kepada Nabi Muhammad sejak masih muda selain itu Mu'awiyah juga menjadi juru tulis setiap Wahyu setiap Wahyu turun kepada Nabi Muhammad Rasulullah SAW.

Selain itu Muawiyah ikut terlibat bebrapa perang bersama Rasulullah, bahkan pernah menghadapi ayah kandungnya yaitu Abu Sufyan bin Harb, dengan saudaranya sebelum mereka masuk Islam.

Adapun wilayah yang mampu di taklukan oleh Khalifah Muawiyah pada masa pemerintahan nya yaitu daerah Khurasan, Selat Bosphorus, Afrika, Sudan, Pulau Rhodes, Cretta, dan ia juga berusaha menaklukan Konstantinopel selama tujuh tahun sampai hingga berakhir masa hayatnya.

 

Kedua:

Al-Walid bin Abdul Malik

 

Khalifah Al-Wahid bin Abdul Malik merupakan Khalifah Bani Umayyah yang ke enam yang memerintah pada tahun 86-96 M/705-715 H, dalam masa pemerintahan nya Al-Wahid bin Abdul Malik mampu memperluas wilayahnya diantaranya Maroko dan Armenia. Kesuksesan daulah Umayyah pada masa Al-Walid bin Abdul Malik ini juga didukung oleh panglima perangnya yang cakap seperti Qutaybah ibn Muslim, Muhammad ibn Al-Qasim, dan Musa ibn Nushair.

Sumber: