9 dari 10 Warga Malaysia, Belanja Gunakan Shopee

9 dari 10 Warga Malaysia, Belanja Gunakan Shopee

Shoppee dominasi belanja di malaysia--

Survei tersebut juga menemukan bahwa 30% responden survei telah menjadi korban penipuan online dalam setahun terakhir. Namun, 70% mengatakan mereka sangat beruntung karena terhindar dari penipuan. Mayoritas yang ditipu adalah belanja produk rumah dan tempat tinggal, disusul barang fesyen dan gaya hidup, serta barang elektronik. Baik laki-laki maupun perempuan di semua kelompok umur sama-sama rentan menjadi korban – penipu tidak melakukan diskriminasi.

 

Dari mereka yang menjadi korban penipuan, 38% melaporkannya ke Agen Langsung Obrolan Shopee untuk mendapatkan dukungan tepat waktu. Responden juga melaporkan jumlah yang sama kepada otoritas terkait, yaitu CCID melalui Scam Response Center atau Infoline, PDRM melalui SEMAKMULE, dan hotline National Scam Response Center. 10% mengunggah pengalamannya di media sosial untuk menginformasikan kepada publik, dan 20% tidak melaporkan kejadian tersebut.

 

Bagaimana Orang Malaysia Memilih Penjual Online Tepercaya

BACA JUGA:Mobil Sport Kombinasi Kecepatan Tinggi Memiliki Fitur Canggih!

Selain fitur keamanan yang ditawarkan oleh platform itu sendiri, masyarakat Malaysia juga mengandalkan bukti sosial dan dukungan pembeli lainnya saat memilih penjual untuk membeli secara online. Menurut survei, 7 dari 10 responden mengatakan bahwa dukungan pembeli lainnya penting, dengan 33% melihat testimonial dan ulasan, 24% melihat peringkat toko, 12% melihat jumlah pengikut setia toko, dan 4% melihat penjualan teratas untuk kata kunci yang dicari.

 

Pembeli lainnya yang disurvei juga memeriksa kinerja obrolan penjual, tingkat pembatalan, dan verifikasi penjual seperti Shopee Mall, tag Preferred, dan Preferred+ untuk memilih penjual yang akan membeli.

 

Data ini menunjukkan bahwa masyarakat Malaysia menghargai pendapat pembeli lain ketika melakukan pembelian online. Mereka juga cenderung memilih penjual yang telah terverifikasi oleh Shopee atau memiliki rekam jejak layanan pelanggan yang baik. Bukti sosial penting terutama bagi pembeli Otomotif, FMCG, Mainan, Anak-anak dan Bayi, Bahan Makanan dan Hewan Peliharaan, serta perlengkapan Rumah dan Tempat Tinggal.

 

Catatan untuk Editor:

 

#ShopSafewithShopee merupakan survei sukarela yang dilakukan terhadap 1.095 pembeli dan 548 penjual antara tanggal 14 Agustus hingga 14 September 2023 di aplikasi marketplace Shopee. Siaran pers ini hanya mencakup hasil survei pembeli.

Sumber: pembelanjaan online di malaysia