Heboh Film Ice Cold! Ahli Forensik Djaja Surya Atmadja : Mirna Salihin Meninggal Bukan Akibat Sianida

Heboh Film Ice Cold!  Ahli Forensik Djaja Surya Atmadja :   Mirna Salihin Meninggal Bukan Akibat Sianida

dr. Djaja Surya Atmada (harian disway)--

Kemudian, Djaja menjelaskan, sianida mampu menyebabkan kematian apabila masuk ke aliran darah, bukan ke lambung. Seperti yang kita ketahui, dari lambung sari makanan akan menuju ke hati untuk didetoksifikasi. Alias penetralan racun. Jadi sianida dinetralkan dengan tiosianat alami dalam tubuh manusia.

 

"Maka salah satu tanda bahwa dia sudah kemasukan sianida adalah ada tiosianat di dalam hati, darah, dan urine. Bahkan kalau diperiksa di liur juga ada. Nah itu (di jasad Mirna Salihin, Red) tidak ada," jelas dokter Djaja.

 

 

BACA JUGA: Pelajaran Aksara Ulu di Seluma, Batal Direalisasikan Tahun Ini

BACA JUGA:Jaksa Seluma Sedang Lidik Penyertaan Modal Ratusan Juta di BUMDes

 

Penemuan dokter ahli forensik yang memeriksa mayat Mirna Salihin ternyata tidak cocok dengan gejala orang yang keracunan sianida.

 

 

Ia menemukan darah hitam dalam lambung, serta terdapat tukak lambung atau luka pada lambung Mirna. Penemuan luka tersebut diambil dan diperiksa, dan ternyata hasilnya adalah sel radang bulat.

 

"Jadi kalau ada luka baru, misalnya karena bahan kimia, maka yang ada itu sel PMN (Polymorphonuclear). Tapi kalau udah lama, prosesnya udah kronis, maka sel radanganya bulat-bulat semua, yaitu limfosit dan monosit," jelas dokter Djaja.

 

Sumber: