Dinkes Seluma Dapat Hibah, 2.881 Strip HB untuk 22 Puskesmas

 Dinkes Seluma Dapat Hibah, 2.881 Strip HB untuk 22 Puskesmas

Kepala Dinas Kesehatan Seluma, Rudi Syawaludin--

 

PEMATANG AUR, Radar Seluma.Disway.id, - Selain menerima antropometri kit dari Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma juga menerima hibah dari Direktorat Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak Kemenkes RI berupa 2. 881 Strip HB Meter. 

 

BACA JUGA:DPRD Seluma Minta Gali PAD PDAM Air Nelas, Lakukan Nego

BACA JUGA:Polsek Seluma Amankan Motor Tak Bertuan, Terparkir di Jembatan Bungamas

 

Kepala Dinas Kesehatan Rudi Syawaludin, S.Sos menyampaikan bahwa hibah yang diberikan oleh Kemenkes RI ini berguna untuk pemeriksa darah ibu hamil dan remaja puteri dalam rangka deteksi dini anemia dalam penanganan stunting. 

 

Adapun alat-alat kesehatan tersebut berupa Strip HB Meter, Strip HB Meter dan alat pemeriksaan HB", ujar Rudi. 

"Bantuan yang berjumlah 2.881 buah strip HB ini akan dibagikan  ke 22 Puskesmas yang tersebar di wilayah Kabupaten Seluma," kata Rudi, kemarin.

 

Hemotest HB Meter strip merupakan Strip untuk pemeriksaaan kadar hemoglobin dalam darah. Strip Test ini hanya dapat digunakan satu kali pakai dan hanya dapat terbaca melalui alat HemoSmart GOLD. Strip untuk memantau kadar hemoglobin (HB).

 

Ini juga sebagai upaya pertama pencegahan stunting adalah pemberian TTD bagi para remaja putri. Kegiatan ini telah dimulai dengan menggalakkan Aksi Bergizi di Sekolah dengan 3 paket intervensi yakni pemberian TTD mingguan bagi remaja putri, aktivitas fisik dan konsumsi makanan bergizi seimbang.(adt)

Sumber: