Sulawesi Tengah, Negeri Seribu Megalit! Punya Cagar Alam Megalitikum Terbesar

   Sulawesi Tengah, Negeri Seribu Megalit! Punya Cagar Alam Megalitikum Terbesar

Situs megalit di Sulawesi Tengah--

 

 

Radar Seluma.Disway.Id, - Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura, mengungkapkan bahwa wilayahnya   Provinsi Sulawesi Tengah memiliki julukan sebagai Negeri Seribu Megalit. Julukan ini bukan sembarang julukan. Karena di Sulawesi Tengah kita bisa menyaksikan kemegahan kawasan cagar budaya Megalitikum yang tersebar di tiga kabupaten.

 

Tiga kabupaten di Sulawesi Tengah ini yang memiliki Megalit  di Lembah Napu, Lembah Behoa, dan Lembag Bada, yang ketiganya terletak di Kabupaten Poso dan Lembag Lindu di Kabupaten Sigi.

 

Saat ini, Sulawesi Tengah sedang mengembangkan wisata Megelitikum yang diharapkan menjadi andalan pendapatan bagi daerah ini.

 

 

Megalitikum ini, salah satu ciri khas pada zaman batu. Sudah mulai adanya kepercayaan dari masyarakat di masa tersebut kepada Tuhan. Disebut dengan zaman batu besar karena beberapa produk yang dihasilkan pada zaman ini berupa kebudayaan bangunan yang menggunakan batuan-batuan besar.

 

 

Trelihat di Sulawei tengah ini, aatung atau arca dengan beragam bentuk seperti menanti kehadiran manusia datang ke  Sulawesi Tengah (Sulteng). 

 

Sumber: