Bupati Seluma Ajak Warga Lestarikan Surat Ulu

Bupati Seluma Ajak Warga Lestarikan Surat Ulu

Bupati Seluma, Erwin Octavian, SE--

 

PEMATANG AUR, Radar Seluma.Disway.Id,  - Bupati Seluma Erwin Octavian, SE menyampaikan bahwa generasi muda perlu memiliki peran dalam melestarikan seni dan budaya yang ada di Kabupaten Seluma. Termasuk dalam upaya melestarikan bahasa serawai ataupun huruf ulu.

 

BACA JUGA:Menemukan Kenyamanan di Bengkulu: 5 Rekomendasi Hotel yang Memikat

BACA JUGA: Ini Jadwal Operasi Bank di Natal dan Tahun Baru, Bank Indonesia Keluarkan Rilis

 

Bupati menyampaikan pemuda-pemudi harus bangga dengan bahasa serawai terkhusus bahasa daerah Kabupaten Seluma ini merupakan salah satu bahasa yang masuk dalam program revitalisasi bahasa daerah oleh kantor bahasa kementerian terkait.

 

"Kita harus bangga dengan bahasa daerah kita. Terlebih lagi dalam penulisannya ternyata surat ulu ini tidak begitu sulit. Pada beberapa kesempatan sudah saya sampaikan bahwa kalau bukan kita siapa lagi. Kalau bukan sekarang kapan lagi. Jadi mari sama-sama kita lestarikan budaya yang merupakan identitas daerah. Sehingga Seluma Berbudaya dan Beragama itu benar-benar terwujud," kata bupati, kemarin.

 

Seperti yang dikabarkan sebelumnya Ananda Fathir asal SDN 16 Seluma berhasil meraih juara 3 dalam lomba huruf Aksara Ulu Tingkat Provinsi Bengkulu. Berkat keberhasilan tersebut Fathir memastikan satu slot untuk mewakili Provinsi Bengkulu ke tingkat nasional.

 

Kegiatan lomba ini dalam rangka Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Tingkat Provinsi Bengkulu yang diselenggarakan Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu mulai tanggal 6 hingga 8 November 2023 yang dipusatkan di Asrama Haji Kota Bengkulu FTBI Tingkat Provinsi Bengkulu merupakan sebuah terobosan yang luar biasa dan akan menjadi pemantik bahasa daerah lain yang ada di Provinsi Bengkulu untuk selalu digunakan dan dilestarikan masyarakat sejak dini.

 

Sumber: