Ada Emas Luasnya 30 Hektare Lokasi di Seluma, Mulai Beroperasi? Kapan??

Ada Emas Luasnya 30 Hektare Lokasi di Seluma, Mulai Beroperasi? Kapan??

Beginilah nanti kondisinya hutan lindung di Seluma jika ada tambang emas--

Kabar akan ada tambang emas di Kabupaten Seluma, terus beredar. Namun patut diketahui apabila hal itu akan terjadi pastinya akan ada proses yang akan dilewati.

 

Entah bagaimana, kabar ini memang sudah terus berkembang dimasyarakat, Sayangnya daerah yang miliki kandungan emas ini berada di wilayah hutan lindung. Sehingga survey yang dilakukan terhambat.

Namun banyak pertanyaan, kapan beroperasi? Ya tentu saja menunggu proses, banyak hal yang harus dilalui sebelum dilakukan penambangan.

Menurut hasil penelitian sebelumnya, kandungan emas di 3 titik lokasi di wilayah Kabupaten Seluma ini diprediksi memiliki kandungan melebihi tambang emas yang dikelola PT Freeport Indonesia di Timika Papua.

BACA JUGA:Seluma Akan Menjadi Tempat Tambang Emas Terbesar di Dunia??

Sementara itu mengenai lokasi yang berada di hutan lindung, ada kabar penurunan status kawasan Hutan Lindung (HL) menjadi hutan Areal Penggunaan Lain (APL), nampaknya mendapat respon baik dari PT Energi Swa Dinamika Muda (ESDM). Investor emas ini, memiliki kesempatan untuk menyelesaikan proses Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL). Untuk itu, PT.Energi Swa Dinamkia Muda (EDSM) memanfaatkan kabar tersebut dengan menurunkan tim. Hal tersebut dilakukan lantaran, adanya perubahan sistem penambangan dari teknik underground, menjadi terbuka atau Open-pit mining.

 

Riduan Sabrin Asisten III Pemkab Seluma mengatakan, untuk luasan wilayah lokasi tambang emas PT ESDM ini mencapai kurang lebih 30.010 hektare.

 

Dimana pada proses penyelidikan awal telah dimulai sejak tahun 2008 yang laku. Ketika mendapatkan izin pencadangan wilayah dari Bupati Seluma pada saat itu.  

 

Ditambahkan Riduan Sabrin ST yang diketahui juga merupakan mantan Kepala Dinas ESDM Kabupaten Seluma. Dikatakannya, pada saat ini tim survey dari PT ESDM tengah melakukan survey jalan jalur darat sejak awal September 2023 yang lalu. Yakni melalui Desa Kemang Manis, Kecamatan Semidang Alas (SAM).

Sumber: