Sesuai Perbup Seluma Neri Pemenang Pilkades Suban

Sesuai Perbup Seluma Neri Pemenang Pilkades Suban

Sekda Seluma H Hadianto --

 

 

 

PEMATANG AUR - Sekretaris Daerah (Sekda) Seluma  H Hadianto, SE, MM, M.Si menyampaikan secara garis besar pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 60 desa di Kabupaten Seluma berjalan dengan lancar dan tanpa ada hambatan. Hanya saja ada Pilkades yang hasilnya draw yaitu di Desa Suban, Kecamatan Semidang Alas. Dua calon Kades memperoleh suara yang sama yaitu masing-masing 53 suara.

BACA JUGA:Jalan Santai HUT PGRI di Seluma

 

Seperti yang diketahui Cakades di Desa suban hanya dua orang yaitu Neri Nurhayati sebagai incumbent dan Bani Asri. Keduanya masing-masing memperoleh suara sebanyak 53 suara. Total jumlah pemilih di Desa Suban ini sebanyak 107. Namun ada satu suara yang batal sehingga jumlah suara sah hanya 106 saja. "Ya draw karena keduanya sama-sama raih 53 suara. Jika berdasarkan dengan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Pilkades maka Neri Nurhayati merupakan pemenang Pilkades," kata Sekda, kemarin. 

 

Berdasarkan Perbup Neri menurut Sekda sudah memenuhi persyaratan. 

 

Namun apabila ada salah satu calon keberatan atas hasil Pilkades maka dipersilakan menempuh jalur hukum yang berlaku. Kemudian batas penyelesaian ini dikatakan Sekda pada tanggal 21 September sampai 30 Oktober. "Apabila nanti ada yang keberatan. Maka pelantikannya ditunda dulu. Dan desanya akan dipimpin oleh Penjabat (Pj) Kepala Desa," sambung Sekda. 

BACA JUGA:Enam Raperda Seluma Sudah Disahkan

 

Lalu untuk calon Kades terpilih dan tidak ada calon yang keberatan maka dalam waktu dekat akan dijadwalkan pelantikan. Sehingga setelah pelantikan ini Kades dapat menjalankan tugas sebagaimana mestinya. Terlebih lagi dalam proses penyusunan RAPBDes dan juga realisasi Alokasi Dana Desa (ADD) dan juga Dana Desa (DD).(adt)

Sumber: