Sudah 227 Hektar Lahan di Seluma sudah Ditanami Kedelai

Sudah 227 Hektar Lahan di Seluma sudah Ditanami Kedelai

--

 

 

PEMATANG AUR - Hingga saat ini sudah ada sebanyak 227 hektar lahan di Kabupaten Seluma yang sudah ditanami kadang kedelai. Asisten 2 Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Seluma Almedian Saleh mengatakan dalam rangka Gerakan Tanam Kedelai Kabupaten Seluma mendapatkan target dari Kementerian itu sebanyak 1.000 hektar. 227 hektar yang sudah ditanam kedelai ini  tersebar di 4 Kecamatan yaitu Kecamatan Ulu Talo, Air Periukan, Talo, dan Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM).

BACA JUGA: KemenPAN RB keluarkan Nilai Ambang Batas Lulus PPPK KemenPAN, 158 Sampai 315

 

"Tujuan gerakan tanam kedelai ini untuk memanfaatkan lahan darat dan sawah yang kering akibat kurang air di musim kemarau. Sehingga diharapkan selanjutnya dapat dikembangkan di seluruh kecamatan di Kabupaten Seluma  Selain itu, dengan menanam kedelai, akan menjadi tambahan penghasilan bagi petani," kata Almedian, kemarin.

 

Kedelai merupakan tanaman kacang-kacangan terpenting di Indonesia dan kebutuhan akan komoditi tersebut terus meningkat dari tahun ke tahun sejalan dengan meningkatnya laju pertumbuhan penduduk dan kesadaran masyarakat akan gizi makanan. Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Tanaman Pangan menargetkan kebutuhan benih kedelai untuk program ABT tahun 2022 sebanyak 15 ribu ton untuk memenuhi areal pertanaman seluas 300 ribu hektar. Pengembangan tersebar di 5 provinsi pulau Jawa sentra pengembangan kedelai serta rencana 9 provinsi di luar Jawa termasuk di Kabupaten Seluma juga menjadi sasarannya.

 

Sebagai tahap awal tanam kedelai sudah dilakukan di Desa Tanjung Agung, Kecamatan Ulu Talo. Gerakan tanam kedelai tersebut juga dihadiri Direktorat AKABI Kementerian Pertanian RI, Sri Hartini, Plt. Kepala Dinas TPHP Provinsi Bengkulu, Rosmala Dewi, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, Penyuluh Pertanian Kabupaten Seluma.(adt) 

BACA JUGA:8 Pekerjaan Bergaji Tinggi, Karier yang Menjanjikan Dalam Berbagai Industri

 

Sumber: