Subhanallah. Ternyata Syetan Takut Dengan Umar Bin Khattab!! Begini Ceritanya-Kajian Islam

 Subhanallah. Ternyata Syetan Takut Dengan Umar Bin Khattab!! Begini Ceritanya-Kajian Islam

--

BACA JUGA:TRC Bersama Warga Seginim Bersihkan Irigasi

 

Kedua, Umar bin Khattab merupakan sosok yang sederhana dan rendah hati. Kendati memiliki perawakan yang tinggi dan gagah, ditopang dengan karakter yang keras, namun sesungguhnya Umar adalah sosok yang rendah hati.

 

Ia juga sosok yang tidak sibuk dengan urusan duniawi, kendati ia merupakan seorang khalifah. Umar bahkan rela berkeliling mencari rakyatnya yang miskin, dan menyedekahkan sebagian hartanya untuk kepentingan kaum Muslimin.

 

Kendati ia merupakan seorang khalifah, Umar suka menambal bajunya dengan kulit, dan terkadang membawa ember di pundaknya. Kendaraannya adalah keledai tak berpelana, hingga membuat heran pastur Jerusalem saat berjumpa dengannya.

 

Umar jarang tertawa dan bercanda, bahkan di cincinnya terdapat tulisan “Cukuplah kematian menjadi peringatan bagimu hai Umar (kafaa bil mauti waa’izhon yaa ‘Umar).”

 

Tak heran jika Umar bin Khattab menjadi salah satu Sahabat yang telah mendapatkan ‘paling’ di surga. Ya, ketika Umar masih hidup di dunia bersama Rasulullah SAW dan para sahabatnya, istana untuknya telah disiapkan di surga.

 

Diriwayatkan dari Said bin Al-Musayyib bahwa Abu Hurairah berkata, ketika kami berada di sisi Rasulullah SAW, beliau bersabda,

 

بَيْنَا أَنَا نَائِمٌ رَأَيْتُنِى فِى الْجَنَّةِ، فَإِذَا امْرَأَةٌ تَتَوَضَّأُ إِلَى جَانِبِ قَصْرٍ، فَقُلْتُ لِمَنْ هَذَا الْقَصْرُ فَقَالُوا لِعُمَرَ بْنِالْخَطَّابِ، فَذَكَرْتُ غَيْرَتَهُ ، فَوَلَّيْتُ مُدْبِرًا » فَبَكَى عُمَرُ وَقَالَ أَعَلَيْكَ أَغَارُ يَا رَسُولَ اللَّهِ

Sumber: