Giliran SMP Seluma Terapkan Kurikulum Huruf Kaganga di Sekolah! Kembangkan Budaya

Giliran SMP Seluma Terapkan Kurikulum Huruf Kaganga di Sekolah! Kembangkan Budaya

Kadis Pendidikan Seluma--

 

PEMATANG AUR, Radar Seluma.Disway.Id,  - Guna melestarikan bahasa daerah yang terdapat di Kabupaten Seluma, yakni bahasa aksara ulu. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Seluma telah menerapkan bahasa aksara ulu sebagai salah satu mata pelajaran (mapel) yang akan dipelajari oleh pelajar SD dan SMP di Kabupaten Seluma.

 

BACA JUGA: Walau Okti Fitriani Keberatan PAW, Namun DPRD Seluma Tetap Proses

 

Disdikbud Kabupaten Seluma juga telah melakukan sosialisasi kepada pada guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, Muatan Lokal dan Bimbingan Konseling (BK)  SMP di Kabupaten Seluma.

Kepala Disdikbud Seluma, Farzian, S.Pd dan Kepala Bidang SMP, Een Zuriandi. 

 

"Ini merupakan revitalisasi bahasa daerah pada jenjang SMP se Kabupaten Seluma, total ada 48 SMP, terdiri dari 47 Negeri dan 1 Swasta," ungkap Kepala Disdikbud Seluma, Farzian, S.Pd

Penerapan mata pelajaran bahasa aksara ulu ini dipastikan akan diterapkan kepada seluruh sekolah di bawah naungan Disdikbud Seluma, baik SD maupun SMP yang telah menerapkan kurikulum merdeka belajar, dan untuk diketahui pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 ini semua sekolah telah menerapkan kurikulum merdeka belajar.

 

"Penerapan di tingkat SMP Kabupaten Seluma baru dimulai pekan ini, sedangkan untuk tingkat SD sudah mulai diterapkan sejak satu minggu lalu, nantinya bahasa aksara ulu akan diselipkan didalam mata pelajaran mulok," ungkap Farzian.

 

Semua guru yang berkaitan terhadap bahasa aksara ulu, yakni guru bahasa Indonesia, BK dan mulok telah diberikan bimbingan dari balai bahasa provinsi bengkulu. Diharapkan kedepannya pembelajaran bahasa aksara ulu dapat rutin dilakukan agar pelajar dapat melestarikan bahasa daerah Seluma.

Sumber: