RAM di Lubuk Sandi Seluma, TBS Sudah 1700-an, TBS di Talo Masih Rp. 1.300

 RAM di Lubuk Sandi Seluma, TBS Sudah 1700-an,  TBS di Talo Masih Rp. 1.300

Bongkar muat sawit di RAMP--

 

 

TALO - Ternyata harga TBS di Seluma bervariasi. Lihat saja di RAM Air Periukan sudah mencapai 1700. Bahkan di toke di daerah Air Periukan, Sukaraja sudah mencapai 1450 per kilonya.

Namun di daerah Talo, masih bertahan di 1300, dan kadang turun lagi.

 

 Harga Tandan Buah Segar (TBS) Sawit di masyarakat Talo, saat ini masih belum stabil. Para petani pada saat menjual ke RAM Sawit saat masih harga Rp 1.300 per 1/Kgnya memang beberapa bulan terakhir ini harga Sawit mengalami penurunan sehingga pertumbuhan ekonomi masyarakat saat sangat sulit karena harga produksi pertanian hasil perkebunan sangat murah sementara harga kebutuhan semakin mahal sehingga penjualan dan pembeli tidak seimbang" Ujar 

 

 

Hadi dikonfirmasi kemarin (16/8) mengatakan mereka berharap agar harga TBS sawit bisa beli standar sehingga para petani sawit tidak mengalami kerugian kalau kami hitung semua dari harga 1.300 per 1/Kg tidak sesuai, karena biaya perawatan kebun juga sangatla mahal seperti pembersihan, pupuk upah panen, angkos angkutan serti ojek hitung-hitung hanya mendapat tipis. Dengan segitu sudah naik beberapa minggu terakhir ini, sebelumnya harga TBS sempat 1000 per1/Kg.

 

 

Kalao kami petani hanya pasrah dengan kami tidak berbuat apa-apa hanya saja berharap dengan pihak terkait agar harga sawit dapat di telurusi sumpah harga lebih maksimal sehingga pertumbuhan ekonomi masyarakat bisa lebih berkembang.(apr) 

 

Sumber: