Wagub Bengkulu Pantau Normalisasi Sungai dan Bendungan di BS! Penampung Air Stabil

Wagub Bengkulu Pantau Normalisasi Sungai dan Bendungan di BS! Penampung Air Stabil

--

BENGKULU SELATAN, Radar Seluma.Disway.Id, - Secara umum penyebab banjir karena curah hujan tinggi dan sering terjadi pendangkalan sungai sehingga menimbulkan hambatan aliran sungai, serta adanya penurunan permukaan tanah.

Untuk mempertahankan keberlangsungan pangan terutama ketersediaan beras, yang harus dipertahankan ketahanan Pangan, yakni normalisasi sungai dan bendungan penampung air stabil.

BACA JUGA:India sudah Terhubung ke Medan, Jogjakarta dan Labuhan Bajo. Batik Air Buka Rute Baru
"Perlu adanya tindak lanjut bersama terkait normalisasi sungai untuk memberikan ruang aliran air dengan rekomendasi dari pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) VII,"ungkap Wagub Provinsi Bengkulu, Dr Rosjonsyah saat kunjungi Bendungan Desa Babatan Ilir Kecamatan Seginim belum lama ini. Dikatakan Rosjonsah, dalam rangka pemetaan upaya normalisasi bendungan aliran sungai Air Nipis, bendungan Desa Babatan Ilir Kecamatan Seginim harus dalam keadaan baik-baik sehingga nantinya keberlansungan bidang pertanian dapat terpenuhi. Pada hakekatnya ketersediaan pangan terpenuhi. Selain itu, perbaikan jalan juga menjadi catatan dalam prioritas penanganan pemenuhan kebutuhan pangan. "Tidak bosan-bosannya mengajak agar ketahanan pangan terpenuhi dan stantung pun teratasi, sebab kekurangan penujang kebutuhan pangan berdanpak akan kebutuhan gizi,"pungkas Rosjonsah. Sementara itu, Wakil Bupati Bengkulu Selatan, Rifa'i Tajudin, S.Sos mengaku pangan menjadi kebutuhan dasar dan harus dipenuhi, dan tentu senergitas menjadi suatu keharusan agar ketahanan pangan tersedia dan terpenuhi.

BACA JUGA:Lontong Sayur Medan, Tempat Sarapan Laris di Bengkulu "Semua harus terlibat dalam ketersediaan pangan. Bahkan kometmen Pemkab Bengkulu Selatan telah dijalankan akan keterediaan pangan untuk masyarakat, baik bibit tanaman, peralatan bercocok tanam, racun dan lain-lain,"papar Rifa'i.(yes)

Sumber: