Suku di Sumut Ini Unik! Kuburan Bisa di Puncak Bukit Atau di Kebun Luas

Suku di Sumut Ini Unik! Kuburan Bisa di Puncak Bukit Atau di Kebun Luas

Salah satu makam warga suku karo--

 

Radar Seluma.Disway.Id, - Jika anda berwisata ke Sumatera Utara teatnya ke Kabupaten Tapanuli ataupun kabupaten Karo, anda akan disugi pemandangan yang indah. Anda akan melihat Danau Toba yang seperti lukisan. Danau Toba yang sejuk, segar dan nyaman.

Selain Danau Toba yang indah, anda akan sering menemui perkuburan atau makam yang besar-besar dan dibangun di kebuh atau sawah yang luas. makam besar yang biasanya makam keluarga, yang ditempatkan di kebun keluarga atau di swah kelaurga.

 

BACA JUGA:27 Triliun Setahun, Omzet Judi Slot

Tidak peduli kebunnya berada di atas puncak, maka makam yang dibuat juga di atas puncak dan akan terlihat dari jauh. 

 

Begitulah kelaurag dari Suku Batak dan karo memakamkan orang tuanya atau keluarganya.

Biasanya bagi mereka yang memiliki uang dan sudah berhasil, maka untuk menunjukkan perbuatan baik mereka terhadap orang tua dengan membuat makamnya besar dan megah. Serta dimakamkan di dalam kebun atau ladang, sawah yang merupakan milik atau yang diwariskan orang tua dulu.

 

Biasanya biaya membuat makam ini, sangat besar dan bisa membangun rumah. Namun biaya ini bagi mereka yang sudah berhasil, tidak terlalu dipedulikan.

Mereka menganggap membangun makam yang megah dan mewah adalah wujud bakti mereka ke orang tua.

Salah satu Warga Baliga, Sibagaring ketika ditemui wartawan mengaku bahwa mereka membuat kuburan ini bersama-sama. ''Kami ada 5 orang anak bapak, jadi kami bersama-=sama membangun kuburannya,''jelasnya.

 

Sumber: