Sekda BS (Manna) Minta Belanja APBD, Utamakan Produk Lokal

 Sekda BS (Manna) Minta Belanja APBD, Utamakan Produk Lokal

Sekda BS Sukarni SP.M.Si--

 

BENGKULU SELATAN, Radar Seluma.Disway.Id,  - Beberapa hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan perekonomian, sektor barang maupun jasa, yaitu mencari serta mengutamakan produk lokal dalam belanja. Setiap pembelanjaan dengan melalui Anggaran Pendapatan belanja Daerah(APBD) nantinya bisa terjadi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN). 

 

BACA JUGA:Perlu Aktivitas Razia Polisi, Maling Motor di Seluma Masih Tinggi

 

Sekretaris daerah (Sekda) Bengkulu Selatan (BS), Sukarni Dunip SP.M.Si menuturkan, bahwa sudah menjadi instruksi Presiden untuk mengembangkan produk-produk lokal. Sehingga, pertumbuhan ekonomi bisa terwujud. Bahkan, nantinya pertumbuhan pekerjaan akan semakin banyak.

 

"Kita harus punya data tentang apa saja yang menjadi produk lokal. Sehingga bisa melakukan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), sehingga apa yang kita laporkan akan akurat dengan pembelanjaan melalui APBD,"ujar Sukarni.

 

Terlebih lagi, menurut Sukarni, saat ini telah diterapkan sistem aplikasi menggunakan e-katalog yang mana akan lebih mudah untuk melihat kejelasan berbelanja produk dalam negeri. 

 

"Setiap OPD harus benar-benar menguasai sistem apa-apa saja yang akan dibeli untuk melaporkan P3DN. Sehingga dengan sistem yang dilakukan, yakni pelaporan itu akan lebih baik untuk disampaikan, dan menindaklanjuti apa yang menjadi kekurangan dalam hal pelaporan belanja membuat suatu aplikasi, sehingga setiap OPD dengan mudah untuk memberikan pelaporannya. Kemudian, target yang diinginkan oleh presiden bisa tercapai. Maka dari itu, semua vendor harus masuk kedalam sistem belanja melalui aplikasi  e-katalog untuk membimbing agar nantinya sistem pembelian tidak menyalahi aturan sesuai dengan perintah presiden,"pungkas Sukarni.(yes)

 

BACA JUGA:12 Tahun Jalan Desa Suban Tak Disentuh Pembangunan...Jalannya Sering Viral !!!!

Sumber: