Gulai Ikan Mungkus Khas Makanan Seluma

Gulai Ikan Mungkus Khas Makanan Seluma

--

Dengan rasa sedikit pahit. Tapi rasa pahit ini bikin ngangeni seperti pahit kopi. Cara memasak tahi ikan mungkus ini, yaitu mencapurinya dengan nasi dingin, irisan cabe merah, kunyit, serai dan jahe. Lalu dibungkus daun pisang dan dipepes dengan cara dipanggang di atas bara.

 

BACA JUGA: Disdikbud Seluma Keluarkan Edaran. Tak Ada Wisuda di Sekolah

Ikan mungkus juga bisa dimasak dengan berbagai cara. Antara lain : digulai, digoreng lalu dicabein, disop, dipepes, dll. Dan kenapa ikan ini dibilang unik. Karena hanya ikan mungkus ini yang bisa dimakan beserta tahinya.

Jika anda ke Seluma, ikan mungkus ini yang paling utama dicari untuk dimasak. Jika belum menyicipinya saat berkunjung ke Seluma terasa belum afdol. Tapi sekarang ikan mungkus ini sudah mulai susah ditemukan. Karena populasinya berkurang diakibatkan oleh tangan jahil manusia. Yang mengambilnya terkadang dengan menggunakan putai. Atau obat yang bisa memabukkan ikan hingga ke anak-anak ikannya. Selain itu juga menggunakan alat setrum yang bisa menghabiskan populasi ikan tersebut karena anak-anaknya juga tersedot semua oleh setrum itu.

Melihat populasi ikan semakin berkurang, kepolisian akhirnya ikut campur tangan untuk mengatasi kepunahan ikan ini. Mereka sering mengadakan patroli disetiap perairan yang kerap didatangi orang-orang untuk mencari ikan mungkus ini. Semoga ikan mungkus ini tetap terpelihara dari kepunahannya. Agar tidak hilang dari ruang kenangan. Dan akan selalu menjadi buruan utama saat anda berkunjung ke Seluma (djl)

Sumber: