Kekeringan Sudah Landa Sebagian Warga Seluma

Kekeringan Sudah Landa Sebagian Warga Seluma

akibat kekeringan, masyarakat mandi di saluran irigasi bendungan seluma--

 

 

 

 

SELUMA - Musim panas yang masih berlangsung di sebagian daerah Indonesia sudah banyak yang kekeringan. seperti di Kabupaten Seluma sudah banyak masyarakat menjerit karena air sumur mulai kering. Memang sudah ada hujan yang mengguyur tapi tidak lama.

 

Masyarakat wilayah Kecamatan Seluma juga sudah merasakan kekeringan, kini banyak masyarakat padati irgasi bendungan seluma untuk mandi dan mengambil air untuk mencuci baju dan cuci piring, setiap pagi dan sore masyarakat sudah penuhi sepanjang aliran irigasi bendungan Seluma.

 

Di Kecamatan Air Periukan, tepatnya di Desa Lubuk Gilang masyarakat disana sudah mulai susah mencari air bersih karena sumur mulai kering dan mesin penyedot air hanya bisa sedot beberapa saja untuk kebutuhan.

 

Kepala Desa Lubuk Gilang, Joko Asmadi mengatakan bahwa memang saat ini masyarakatnya sedang susah air bersih namun untuk konsumsi masih ada." Sudah kering ada yang hampir kering, karena panas ini sumur menjadi kekeringan kami kewalahan saat ini, kalau untuk konsumsi masih ada" kata Joko.

 

Memang didaerah yang jauh dari mata air atau didataran tinggi mulai terasa susah mendapatkan air, seperti di Desa Talang Tinggi Kecamatan Seluma Barat tepatnya di Dusun I, masyarakat mengirit air untuk kebutuhan sehari-hari dan untuk mandi masyarakat memilih kesungai karena memang kebutuhan air yang ada tidak mencukupi lagi. (ndo)

Sumber: