Kandang Sapi Tidak Bau, Apa Rahasianya, Peternak Seluma Punya Solusinya

Kandang Sapi Tidak Bau, Apa Rahasianya, Peternak Seluma Punya Solusinya

Peternak seluma--

 

Kunci utamanya adalah air, kalau air untuk minum cukup dan sehat maka ada harapan ternk bisa sehat dan cepat besar, kedua adalah kebersihan kandang.

 

 

Kandang harus bersih biak dari kotoran maupun dari cairan urine dan sisa pakan. Kandang dibuat agak miring supaya urinenya mengalir ke bak penampungan. Kemudian disemprot dengan iar hinga bersih.

 

 

 

Untuk minum sapi harus air steril atau bersih. Biar ada nafsu makan dan minum, air untuk minum sapi ditaburi garam dapur dengan takaran lebih kurang 1 kg garam berbanding dengan 300 liter air. Semakin banyak sapi minum, maka nafsu makannya semakin besar dan imbasnya sapi cepat besar dan gemuk, karena unsur yang terkandung di dalam garam diantaranya untuk mempercepat pertumbuhan sel sel daging dan tulang. Dengan semakin cepatnya pertumbuhan sel sel daging dan tulang, maka ternak akan semakin cepat besarnya.    

 

 

BACA JUGA:Rp 15 ribu- Rp 35 ribu Harga Durian di Seluma

 

 

Kemudin untuk menguragi bau kotoran dan urine disamping kebersihan kandng dan aliran limbahnya, juga ada tambahan unsurinuman. Biasnya peternak mencampuri cairan EM4 dengan dosis 1 tutup botol EM4 untuk air sebanyak 25 liter, atau untuk 1 botolnya bisa dicampuri air minum sapi sebanyak 4-6 drum air. Kalau air minum dicampur dengan cairan EM4 maka kandang sapi tidak akan mengeluarkan bau yang menyengat.

Sumber: