Awal Mula Berdirinya Masmambang Seluma.. Perintis Pertama Dari Kerjaan Majapahit Hingga Disebut Masmambang!!

Awal Mula Berdirinya Masmambang Seluma.. Perintis Pertama Dari Kerjaan Majapahit Hingga Disebut Masmambang!!

--

 

"Kemudian kembali melanjutkan perjalanan, dan tibalah di Masmambang. Tempat pertama tapak kakinya itu di Pama Rambutan. Dekat dengan SMA Muhammadiyah. Keluarga Sibaka dan Sibeki menetap di sana. Karena dirasa tempat itu jauh dari sungai atau air maka keluarga ini memutuskan pindah ke daerah Tanjung Agung," tuturnya.

 

 

Tanjung Agung ini juga dikenal sebagai dusun lamo Kelurahan Masmambang. Tepatnya berada di TPU dekat lapangan sepak bola. Sibaka dan Sibeki selanjutnya menetap di sana.

 

 

Seiring waktu berjalan anak Sibeka dan Sibeki bernama Sri Dewi selanjutnya selanjut menikah dengan Puyang Ngalam. Yang mana Puyang Tuan dikenal sebagai puyang Tuan karena memiliki darah keturanan raja dari Banten.

 

 

Kemudian ada satu lagi anak Sibeka dan Sibeki yaitu Rangga Weni yang menikah dengan Puyang Ngalam. Puyang yang memiliki keahlian dalam pengobatan. 

 

"Jadi karena dulu ada puyang yang senang menanam bunga. Maka nama Tanjung Agung selanjutnya berubah menjadi Tanjung Bungo. Sibaka dan Sibeki ini hanya memiliki satu anak laki-laki, dan merupakan anak bungsu," urainya.

 

 

Sumber: