Kesepakatan Modal Bumdesma 900an Juta. Sampai Kini Masih Nihil

Kesepakatan Modal Bumdesma 900an Juta. Sampai Kini Masih Nihil

Bumdesma--

Radar Seluma berupaya mendapai informasi seputaran penyertaan modal desa ke Bumdesma dengan menghubungi beberapa kades dintaranya Kades Sukamaju, Kades Kungkai Baru dan mendatangi kediaman Kades Air Periukan, namun hanya Kades Kungkai dan Air Periukan yang bersedia memberi keterangan.

 

 

Kades Kungakai Baru Mahmudi yang dihubungi via WhatsApp mengatakan bahwa penyertaan modal di pancairan tahap kedua. "Penyertaan dana desa ke Bumdesma untuk Desa Kungkai Baru sebesar Rp100 juta,  dan akan di transpfer ke Bumdesma di penyaluran Dana Desa tahap kedua," tulisnya.

 

BACA JUGA:KTP Hilang Jangan Panik, Urus Cepat Dengan Cara Ini...

Hal senada juga diungkapkan Kades Air Periukan Hajral Askani, SM. "Penyertaan dana desa ke Bumdesma dari Desa Air Periukan sebesar Rp100 juta, dana tersebut akan ditransper pada pencairan dana desa tahap ke dua," terang Hajral di kediamannya kemarin (30/05).

 

Dilanjutnya waktu penyerahan modal ke bumdesmua merupakan hasil kesepakatan MAD. "Kesepakatan para kades se Kecamatan Air Periukan saat MAD beberapa bulan lalu disetukui bahwa penyertaan modal desa ke Bumdesma dilaksanakan pada tahap kedua pencairan DD. Tujuannya agar rentang waktu pengumpulan dananya tidak lama, dan pembagian sisa hasil usaha (SHU) atau bagi hasinya bisa dilaksanakan serentak," imbuhnya.

 

 

Namun ada kendala dalam waktu transper modal tersebut karena pencairan DD tidak serentak. "Kendala yang dihadapi adalah waktu pencairan DD tahap kedua itu tidak serentak, sebb ada desa yang sudah mengurus pencairan tahap dua dan ada pula desa yang sama sekali belum mengurusnya. Dimungkinkan paling kambat ditransper pada akhir bulan Agustus, atau bisa lebih cepat tergntung dana yang masuk ke kas desa di Kecamatan Air Periukan ini," pungkasnya. (mrs)

 

Sumber: