SIMAK : Kalau Benar PT MPA Alih Fungsi Lahan Masyarakat..Ini Hukumannya, Masyarakat Berhak Dapat Keadilan!!!!

SIMAK : Kalau Benar PT MPA Alih Fungsi Lahan Masyarakat..Ini Hukumannya, Masyarakat Berhak Dapat Keadilan!!!!

lahan dialih fungsikan.--

 

 

 

Alih fungsi lahan pangan khususnya sawah menjadi nonsawah semakin meningkat dengan pesat dari tahun ke tahun sehingga berpotensi dapat mempengaruhi produksi padi nasional dan mengancam ketahanan pangan nasional bahwa pengendalian alih fungsi lahan sawah merupakan salah satu strategi peningkatan kapasitas produksi padi dalam negeri, sehingga perlu dilakukan percepatan penetapan peta lahan sawah yang dilindungi dan pengendalian alih fungsi lahan sawah sebagai program strategis nasional.

 

Pasal 44 Undang-Undang (UU) Nomor 41 Tahun 2009 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan secara tegas mengatur lahan yang udah ditetapkan sebagai kawasan pertanian pangan berkelanjutan harus dilindungi dan haram dialih fungsikan.

 

Dan kalaupun mau dilakukan, alih fungsi lahan pertanian pun hanya dapat dilakukan dengan beberapa syarat. Antara lain, kajian kelayakan strategis, rencana alih fungsi lahan, dibebaskan kepemilikan haknya dari pemilik, dan disediakan lahan pengganti terhadap lahan pertanian pangan berkelanjutan yang dialihfungsikan.

 

BACA JUGA:Mengejutkan!!!! 200 Hektar Lahan Diduga Dialih Fungsikan PT MPA...Jadi Kebun Sawit?

BACA JUGA: DPRD Berharap Penempatan Pejabat Sesuai dengan Ilmu

BACA JUGA:Irigasi Rusak, Petani Ancam Alih Fungsi Lahan Sawah

 

Dalam Pasal 73 beleid sama pun tertulis, pejabat yang melanggar aturan alih fungsi lahan pertanian dapat dipenjara paling singkat satu tahun dan paling lama lima tahun atau denda Rp1 miliar sampai Rp5 miliar.

Sumber: