Umur Berapa Kamu Baru Tahu Nama Taman Ini?? Bukan Taman Patung Kuda!

Umur Berapa Kamu Baru Tahu Nama Taman Ini?? Bukan Taman Patung Kuda!

Taman Panco Raden-Andry Dinata Radar Seluma-

 radarseluma.disway.id  Tidak banyak masyarakat Kabupaten Seluma yang mengetahui nama Taman Panco Raden yang berada di Jalan Ampar Gading, Kelurahan Lubuk Lintang, Kecamatan Seluma dekat komplek rumah jabatan Pemerintah Daerah. Masyarakat lebih familiar dengan sebutan Taman Patung Kudo (Kuda). Hal itu dikarenakan di Taman ini terdapat Patung kuda yang sedang menarik gerobak yang ditumpangi suami istri membawa hasil pertanian seperti kelapa sawit. Umur berapa kamu baru tahu namanya??

 

BACA JUGA:Sudah ke Sini Belum?? Ini Loh Wisata yang Lagi Hits di Seluma

BACA JUGA:Belum Banyak yang Tahu? 8 Fakta Bendung Seluma!! Nomor 7 Bisa Bikin Kaget!!

 

 

Tahukah kamu bahwa patung ini disebut tidak memiliki literasi tentang Kabupaten Seluma hanya sekadar untuk menggambarkan kesejahteraan petani mengingat Kabupaten Seluma mayoritas penduduknya adalah petani. Terkait dengan literasi Seluma pada patung tersebut sudah terkonfirmasi langsung oleh sejarahwan Seluma Bustan A Dali.

BACA JUGA:Ini Jadwal Pencairan Gaji-13 ASN Seluma

Namun pembangunan patung ini patut dibanggakan karena sejauh ini baru ada satu ini patung sebagus itu di Kabupaten Seluma. Bahkan kabarnya tidak tanggung patung yang dibangun pada tahun 2009-2010 ini dikerjakan langsung oleh seniman profesional asal Bali.

 

 

Sayangnya sejak beberapa tahun dibangun taman ini tidak terawat beberapa fasilitas rusak. Dan sudah mirip seperti semak belukar. Bukan tidak ada alasan sehingga dibiarkan begitu saja. Karena lahan taman ini bukan aset pemerintah daerah tetapi aset pribadi masyarakat Seluma. 

 

Baru pada tahun 2021 sejak kepemimpinan Bupati Seluma Erwin Octavian, SE lokasi taman mulai dibersihkan dan sejumlah fasilitas mulai diperbaiki. Bahkan untuk pertama kalinya patung dicat ulang dan direnovasi. Awalnya dari lima kuda hanya ada satu kuda berwarna putih. Karena alasan tertentu maka lima-limanya dicat warna putih. 

Sumber: