Kiat Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula

Kiat Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula

--

 

5. Membaca buku berbahasa Inggris

Cara belajar Bahasa Inggris lainnya adalah membaca buku berbahasa Inggris. Pilih buku yang membuat kamu tertarik. Kamu suka dengan topik budaya? Bacalah buku berbahasa Inggris dengan topik budaya. Atau kamu suka dengan topik pendidikan? Pilihlah buku dengan topik pendidikan yang berbahasa Inggris. Kamu juga bisa membaca komik berbahasa Inggris jika kamu adalah penggemar komik. Saat kamu membaca buku dengan topik yang kamu minati, proses belajar akan terasa menyenangkan. Kamu akan menemukan vocabulary baru dan sekaligus belajar cara penerapan grammar dalam suatu kalimat. 

 

6. Dengarkan Podcast Bahasa Inggris

Kalau membaca bisa memperkaya kosa kata, mendengarkan podcast akan meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris kamu. Melalui podcast, kamu akan langsung mendapatkan contoh mengenai bagaimana seharusnya sebuah kata dalam bahasa Inggris dilafalkan. Jika terus-menerus diulang, hal tersebut akan membuatmu semakin fasih dalam melafalkan kosakata bahasa Inggris. Ada juga standup komedi bahasa inggris yang juga bisa dimanfaatkan untuk belajar. Terlbih saat ini juga kita berselancar dengan bebas di dunia maya.

 

7. Sering berlatih berbicara dalam Bahasa Inggris

Sudah sering menemukan percakapan berbahasa Inggris di dalam buku, novel, atau komik yang kamu baca? Sudah mendapatkan banyak vocabulary setelah sering mendengarkan lagu favorit atau menonton film? Saatnya kamu mempratikkan kalimat dan vocabulary yang kamu pelajari sebelumnya. Jangan menunggu sampai kamu merasa sudah menguasai semua grammar atau vocabulary ya!

 

8. Berpikir dalam Bahasa Inggris

Saat harus merespons dalam Bahasa Inggris, pemula biasanya merespons menggunakan bahasa penutur asli di dalam otak mereka, selanjutnya menerjemahkan ke dalam Bahasa Inggris di dalam otaknya, dan akhirnya baru mulai berbicara. 

 

9. Belajar dengan orang lain

Sering bingung harus belajar ngobrol dalam Bahasa Inggris bersama siapa? Carilah rekan belajar. Jika kamu memiliki teman yang jago berbahasa Inggris, cobalah meminta bantuannya supaya mengajak kamu ngobrol dalam Bahasa Inggris. Saat ini pun sudah ada banyak platform yang menyediakan fitur berbicara dengan penutur asli. 

Sumber: