Punya Progam Primadona, Dukcapil Seluma Atasi Masalah Kependudukan

Punya Progam Primadona, Dukcapil Seluma Atasi Masalah Kependudukan

Kadis Dukcapil Seluma, Irzani--

 
 
 
PEMATANG AUR, radarseluma.disway.id  -  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Seluma yakin bisa melakukan pelayanan maksimal di bidang kependudukan dan catatan sipil.
 
Pasalnya, Dukcapil Seluma memiliki program Primadona yang merupakan singkatan dari program Inovasi Petugas Registrasi Melayani Anda (Primadona). 
 
 
 
Ditemui Radarseluaonline,  Kepala Disdukcapil Kabupaten Seluma, Irzani, SIp MSi,  mengatakan program yang mulai direalisasikan pada tahun 2019 tersebut dinilai berhasil mengatasi berbagai kendala pelayanan adminiduk yang ada di daerah.
 
 
Adapun tujuan program Primadona yakni untuk membantu masyarakat dalam proses kepemilikan dokumen kependudukan pencatatan sipil, sebagai sarana penyambung sarana masyarakat dalam segala pengurusan.
 
 
 
"Seluruh ASN dan tenaga kontrak Disdukcapil Seluma diwajibkan untuk bertugas dalam program primadona. Dengan tujuannya untuk melayani adminstrasi kependudukan dan pencatatan sipil di masing masing tempat tinggal pegawai," sampai Irzani.
 
 
Program ini juga untuk meningkatkan persentase kepemilikan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil. Serta mempermudah masyarakat dalam pengurusan semua jenis dokumen kependudukan dan pencatatan sipil. Sehingga masyarakat tidak lagi berurusan dengan calo. 
 
 
Program primadona merupakan pelayanan administrasi kependudukan berbasis zonasi. Namun dalam hal ini melibatkan seluruh tenaga kerja di lingkungan Disdukcapil Seluma. Latar belakang adanya program primadona ini dikarenakan adanya pertumbuhan penduduk dan jarak yang cukup menyulitkan masyarakat untuk akses ke kantor Disdukcapil.
 
 
 
"Karena terdapat pertumbuhan penduduk dengan menjadi 214.245 jiwa di Kabupaten Seluma, hal itu membuat petugas harus lebih ekstra dalam menghadapi banyaknya permohonan dokumen kependudukan masyarakat. Maka dari itulah tercetus ide ini," tegasnya. 
 
Program ini dinilai sukses untuk memenuhi target kependudukan dan pencatatan sipil untuk Disdukcapil Kabupaten Seluma. Dirinya juga mengklaim bahwa, semua pegawainya tidak menerima suap karena sudah di lakukan pakta integritas. 
 
 
"Pegawai Disdukcapil Kabupaten Seluma mendata dan mengumpulkan berkas bagi warga yang ingin melakukan pengurusan adminstrasi kependudukan dan catatan sipil. Nantinya berkas tersebut dibawa ke kantor dan diselesaikan di kantor, barulah nanti apabila selesai akan diberikan lagi hasilnya kepada masyarakat," ujarnya.
 
 
Ditambahkan Irzani, dalam proses pelayanan program Primadona ini, masyarakat dapat nikmati secara gratis. Cukup membawa dokumen di pegawai yang ada di setiap desa/kelurahan tempat tinggalnya. Bahkan untuk mempermudah program ini, Irzani selaku Kepala Disdukcapil juga sempat merekrut beberapa petugas dari pelosok desa yang berkerja di Disdukcapil. Agar masyarakat di pelosok dapat terwakilkan untuk membuat dokumen kependudukan dan pencatatan sipil melalui petugas tersebut.(ctr)
 
 
 

Sumber: