500 Ha Sawh Rakyat Ikut Program Makmur

500 Ha Sawh Rakyat Ikut Program Makmur

Lahan sawah--

 

BENGKULU SELATAN - Kepala Dinas Pertanian BS Edi Siswanto, S.Pt akan majukan usaha rakyat (Makmur). Program yang bersinergi dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI awalnya dimulai sejak tahun 2022 ini. Jika memungkinkan program Makmur akan dimulai awal tahun 2023.

Bahkan, pada tahap awal Pemkab BS menargetkan sebanyak 500 hektare lahan padi dan jagung untuk ikut dalam program tersebut. Perlu diketahui, melalui program ini petani akan mendapat pendampingan intensif. Selain itu, petani juga akan mendapat jatah pupuk yang dibuat khusus sesuai dengan kondisi lahan.

"Sebelum membuat komposisi yang cocok dengan kondisi lahan, perusahaan pupuk akan mengecek langsung kondisi tanah di laboratorium. Sekaligus, membuatkan komposisi pupuk yang pas dengan kondisi lahan,"ungkap Edi. 

Dikatakan Kadis, untuk percontohan program Makmur  akan menyasar petani di desa Padang Lebar dan Desa Muara Danau Kecamatan Seginim. Kemudian, jika percontohan program Makmur ini sukses, program ini akan menyebar ke seluruh wilayah di Kabupaten BS.

 

"Untuk memperkuat ketahanan pangan, melalui program Makmur, dan diharapkan dapat meningkatkan produksi petani. Sehingga penghasilan petani akan jauh lebih meningkat ke depannya,"tutur Edi.

Selain itu, sambung Edi, tujuan pemerintah dengan program Makmur  tidak lain agar hasil pertanian Kabupaten BS meningkat. Selama ini hasil satu hektar lahan padi tidak lebih dari 4 ton. Namun dengan program Makmur, hasil akan meningkat hingga dua kali lipat lebih,"pungkas Edi.(yes)

 

Sumber: