KARS Evaluasi ke RSUD Tais

 KARS Evaluasi ke RSUD Tais

Tim KARS dari jakarta melakukan cek ke ruangan RSUD Tais--

 

SELEBAR - Senin (19/12) pagi, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tais kembali menerima kunjungan dari tim Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Jakarta. Yakni untuk untuk melakukan evaluasi lanjutan di dalam pelaksanaan penilaian terhadap sejumlah aspek pelayanan dan kesiapan RSUD Tais, menuju Akreditasi Paripurna.

Setibanya di RSUD Tais, dua orang tim KARS yang turun langsung dari Jakarta langsung disambut oleh Direktur RSUD, dr Raden Sanata Jaya. Adapun tujuan penilaian yang dilakukan oleh tim KARS ialah, sebagai upaya RSUD Tais untuk mendapatkan pengakuan mutu pelayanan RSUD Tais dari lembaga independen yang sudah ditetapkan.

"Iya, hari ini kita melakukan penilaian akreditasi rumah sakit yang dilakukan oleh tim KARS," sampai Direktur RSUD Tais, dr Raden Sanata Jaya saat dikonfirmasi Radar Seluma.

Diketahui jika RSUD Tais pada saat ini berada pada posisi akreditasi dasar. Sehingga RSUD Tais pada tahun 2022 ini, kembali dilakukan penilaian oleh tim KARS untuk naik level berikutnya. Yakni dengan tahapan penilaian yang dilakukan oleh tim KARS yang saat ini pada aspek pelayanan di RSUD Tais. 3 Kategori pada 15 kelompok kerja yang dinilai antara lain.

Dimulai dari penilaian aspek tata kelola RSUD Tais, kualifikasi pendidikan staf, sasaran keselamatan pasien, pengendalian infeksi, asuhan keperawatan pelayanan pasien. Serta pada program nasional, seperti stunting, TBC, dan HIV kualifikasi pegawai. Bahkan di dalam pemenuhan hak-hak terhadap pasien.

 

"Untuk penilaian dari tim KARS, ada 15 Pokja. Semuanya akan dievaluasi sudah sesuai atau tidak. Penilaian ini dilakukan sebagai upaya, untuk mendapatkan pengakuan mutu layanan yang lebih baik. Dari tipe Dasar ke Paripurna. Kita harapkan kita mendapatkan penilaian yang baik dan dapat naik level," harap Sanata.

Dimana, di dalam pelaksanaan penilaian yang dilakukan oleh tim KARS) pusat. Telah berlangsung selama tiga hari. Yakni telah dimulai sejak Sabtu (17/12) pagi, dengan melalui sistem daring. Serta dihari kedua yakni pada Senin (19/12) dan Selasa (20/12) dilakukan penilaian dengan sistem luring atau tatap muka. Yang mana tim KARS pusat langsung turun ke RSUD Tais, untuk melihat langsung kondisi pelayanan di RSUD Tais.

Adapun dari beberapa item yang dinilai dari Tim KARS. Telah memberikan signal terhadap RSUD Tais lulus akreditasi. Hal tersebut diketahui lantaran, di dalam penilaian yang telah dilakukan sejauh ini sudah mencapai 80 persen. Sehingga unsurnya terpenuhi.

Lantaran, dari sejumlah aspek yang dinilai pihak RSUD Tais optimis menargetkan akreditasi tingkat Paripurna. Hanya saja kepastian tersebut secara prosedur akan diumumkan beberapa bulan berikutnya, karena masih akan dilakukan verifikasi oleh tim KARS pusat.(ctr)

 

Sumber: