Tuan Rumah Hari Ibu, Bengkulu Dikunjungi Hj. Iriana Jokowi

Tuan Rumah Hari Ibu, Bengkulu Dikunjungi Hj. Iriana Jokowi

Hari ibu--

 

 
BENGKULU  - Provinsi Bengkulu akan menjadi tuan rumah dalam Peringatan Hari Ibu (PHI) tingkat nasional tahun 2022 pada 22 Desember mendatang. Dalam peringatan ini diagendakan ibu negara RI, Hj. Iriana Jokowi akan hadir dalam rangkaian kegiatan PHI yang dipusatkan di Balai Semarak Raya tersebut. 
 
Asisten 1 Serra Provinsi Bengkulu, Dra Khairil Anwar memaparkan, dalam peringatan hari ibu tahun ini memiliki perbedaan dengan tahun-tahun sebelumnya. Lantaran ada prosesi penjahitan bendera merah putih yang akan dilakukan oleh ibu negara, seluruh istri gubernur, termasuk menteri yang perempuan di kediaman Ibu Fatmawati. Bendera yang akan dijahit ini nantinya akan dikibarkan di tempat masing-masing di daerah masing masing. Dan akan dikibarkan di istana negara setiap tanggal 17 Agustus setiap tahunnya untuk bendera yang dijahit ibu negara. 
 
"Seperti kebiasaan tahun tahun sebelumnya dalam peringatan hari ibu tingkat nasional ibu negara akan hadir bersama dengan para menteri yang wanita beserta seluruh istri gubernur seluruh Indonesia, termasuk juga gubernur yang perempuan," ungka. Khairil Anwar.
 
Menurut nya penjahitan bendera merah putih juga merupakan  momentum mengingat sejarah peran besar Provinsi Bengkulu saat ibu Negara Republik Indonesia yang pertama, ibu Fatmawati yang merupakan asli orang menjahit bendera pertama dan menjadikan bendera merah putih dikibarkan pada saat proklamasi 17 Agustus 1945.
 
"Untuk itu, kegiatan penjahitan bendera ini kita usulkan untuk menjadi kegiatan tahunan. Setiap periode kepemimpinan ketika mereka sudah dilantik, baik ibu negara maupun istri para gubernur, mereka akan ke Bengkulu untuk  menjahit bendera merah putih untuk dikibarkan di daerah masing masing. Semangat ini yang kita ingin lahirkan bahwa ibu negara pertama kita yang berjasa itu adalah putri Bengkulu," tutur Khairil.
 
Dalam persiapan sebagai tuan rumah PHI 2022, Khairil menyebut jika Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu telah audah siap melaksankan kegiatan. Terlebih pihaknya telah melaksankan rapat pertemuan pembahasan kesiapan dengan beberapa pihak, termasuk dari panitia pusat. 
 
"Kita sudah rapat berkali kali, bahkan terakhir kemarin kita sudah rapat lengkap dengan panitia pusat dan Kementerian. Kita sudah survei dan sudah kita petakan, kita sudah membuat layout dan insyaallah perencanaan kita sudah matang. Termasuk kita juga sudah membagi LO untuk setiap OPD,dimama nantinya setiap satu ibu gubernur atau istri gubernur akan didampingi dari OPD kita," jelasnya. 
 
Lebih lanjut, Pemprov juga telah berkoordinasi dengan pihak PT. Angkasa Pura Bengkulu untuk melihat perkembangan tingkat penerbangan ke Bengkulu dan untuk mengantisipasi kekurangan kursi penerbangan. Serta mengusulkan penambahan jadwal penerbangan dari maskapai. 
 
"Ternyata dari tanggal 21 sampai 23 Desember ke Jakarta itu sudah full dan tidak ada lagi. Artinya itu menunjukkan bahwa pemesanan tiket dari para peserta itu sudah ada dan kita mempersiapkan tambahan penerbangan," kata Khairil. 

Iriana Jokowi--
Ia memperkirakan akan ada ribuan peserta yang akan hadir memeriahkan PHI 2022 ke Bumi Raflesia nantinya. 
"Hitungan kita kemarin satu provinsi itu saja mungkin sekitar paling tidak 10 orang yang datang, belum lagi nanti Kepala Dinas pemberdayaan perempuan Kabupaten/kota seluruh Indonesia juga datang. Mereka tidak mungkin sendiri kan paling tidak bahwa staf mungkin 2 atau 3 orang. Jadi hitungan kita kasarnya bisa 3000 bahkan 5000 orang bisa datang dalam peringatan hari ibu ini," sampai Khairil. 
 
Selain penerbangan, pihaknya juga telah mempersiapkan tempat-tempat penginapan untuk menampung para peserta yang akan datang ke Bengkulu. 
 
"Kita sudah berkoordinasi dengan persatuan hotel dan restoran Indonesi atau PHRI. Pihaknya menyatakan kesiapan hotel yang ada di Bengkulu. Cuma nantinya memang akan kita bagi baik untuk ibu negara, para menteri, istri gubernur, mungkin hotel- hotel yang bintang 4 akan ada kekhususan. Dan pihak hotel dan restoran Indonesia sudah menyatakan kesiapan untuk menyiapkan kamar," demikian Khairil.(gju)

Sumber: